website statistics
28.4 C
Indonesia
Fri, 19 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Friday, 19 April 2024 | 17:13:11 WIB

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Ungkap Minim Perlengkapan Kopaska: Harus Tetap Antisipatif

Jakarta | detikNews – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengungkapkan, jumlah perlengkapan yang dimiliki oleh Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL terbatas, terutama di Sea Rider atau kapal patroli.

“Baru saja kami mendapat informasi bahwa Sea Riders saat ini kondisinya minim, terutama yang ada di armada ke-3, nanti Sea Riders akan kami lengkapi,” kata Ali di sela-sela HUT Kopaska ke-61 dan pemberian Brevet Komando Kehormatan Komando Katak. di Mako Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Jumat (31/3/2023).

Baca juga:  Presiden Jokowi Bersama Prabowo dan Panglima-Kapolri Nyemplung Tanam Mangrove di Jakarta Utara

Selain Sea Riders, Ali menambahkan, peralatan selam Kopaska juga kurang. Menurutnya, peralatan selam penting bagi Kopaska.

“Kemudian alat selam juga mendesak. Karena Kopaska sesuai dengan sumpahnya adalah torpedo bernyawa, sehingga bergerak di bawah air, maka alat selam harus dilengkapi, baik sirkuit tertutup maupun terbuka,” lanjutnya.

Ali menambahkan, senjata Kopaska juga perlu ditingkatkan, karena Kopaska merupakan pasukan elite.

Baca juga:  Jajaran Polresta Mojokerto Berhasil Ungkap Penipuan Jual Beli Ranmor Online Lintas Daerah

“Persenjataan juga harus memenuhi standar elit dan pasukan khusus,” ujarnya.

“Kopaska bukanlah pasukan yang besar jumlahnya, karena mereka memang pasukan khusus, dan biasanya jumlah pasukan khusus tidak terlalu banyak, tetapi kemampuannya sama dengan, satu orang dapat melenyapkan satu peleton, semacam itu, jadi keseimbangan kemampuannya memang seperti itu,” lanjutnya.

Lebih lanjut, pada HUT Kopaska ke-61, Ali berharap Kopaska bisa dilatih di darat, laut, dan udara. Dia menyatakan, Kopaska tak kalah mumpuni dengan pasukan khusus Navy Seals Amerika Serikat atau pasukan khusus lainnya di negara lain.

Baca juga:  Kecelakaan di Tol Japek Menuju Bekasi Timur: Lalu Lintas Padat Akibat Insiden Tidak Terduga

“Untuk prajurit Kopaska, saya berharap mereka lebih profesional dan bisa mengantisipasi segala situasi di darat, laut, dan udara,” katanya.

“Karena meski pasukan katak, Kopaska harus trimedia, darat-laut-udara. Kemampuannya setara dengan Navy Seal, karena mereka berlatih bersama. Baik SBS di Inggris maupun Amerika,” imbuhnya.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait