website statistics
25.4 C
Indonesia
Wed, 24 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Wednesday, 24 April 2024 | 18:42:37 WIB

Kerap Terjadi Kecelakaan, Warga Dusun Siyono Bergotong Royong Memperbaiki Jalan yang Sudah Lama Rusak

Wonosobo | detikNews – Sering terjadinya kecelakaan  yang dialami pengguna jalan khususnya pengendara sepeda motor yang melintas di jalan Kabupaten masuk Desa Bojasari Kecamatan Kertek menuju Desa Adiwarno membuat keprihatinan warga Dusun Siyono Desa Bojasari Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo.

Melihat adanya hal tersebut, pada Kamis, 9 Maret 2023, warga masyarakat Dusun Siyono melakukan kegiatan penambalan jalan sepanjang kurang lebih 100 meter yang diinisiasi warga setempat secara swadaya dengan menggunakan material, pasir, split dan semen.

Salah satu warga, Wiyanto mengatakan bahwa sering melihat adanya pengendara sepeda motor yang jatuh di jalan rusak tersebut.

Melihat hal itu dirinya mempunyai inisiatif dan mengawali menyediakan material 4 rit pasir, split dan 16 sak semen untuk menambal sebagian jalan.

Baca juga:  Musliyadi Keuchik Pantai Perak Dukung Darmansyah sebagai Pj Bupati Abdya untuk Periode Berikutnya

“Saya sering melihat pengendara motor terpeleset hingga jatuh saat melintas di jalan itu. Meskipun saya hanya menyediakan sedikit material mudah – mudahan bisa untuk menambal sebagian jalan dan berguna untuk pengguna jalan agar lancar dan tidak ada yang terpeleset lagi,” ujarnya

Karena dalam penambalan kurang material, lanjut Wiyanto, warga masyarakat melakukan donasi penggalangan dana secara swadaya untuk pengadaan material yang tidak hanya untuk menambal jalan tapi juga untuk memperbaiki drainase dan gorong – gorong yang rusak dan tersumbat sampah untuk melancarkan aliran air saat hujan turun, dengan harapan air tidak naik kejalan dan menjadi faktor rusaknya jalan.

Hingga selesai penambalan menghabiskan 9 rit pasir, 6 rit split dan 60 sak semen.

“Alhamdulillah dengan suka rela dan antusias, warga masyarakat Dusun Siyono hari ini melaksanakan gotong royong menambal jalan yang notabennya jalan Kabupaten masuk Desa Bojasari Kecamatan Kertek yang sudah lama rusak dan belum tersentuh oleh pihak terkait,” ungkapnya.

Baca juga:  Meriah ! Ratusan Siswa SD/MI Ikuti Lomba Pesta Siaga Kecamatan Wadaslintang

Wiyanto juga menambahkan, selain untuk melancarkan pengguna jalan, penambalan tersebut juga untuk melancarkan aktifitas di bulan Ramadhan nanti dan Hari Raya Idul Fitri mendatang.

“Sebentar lagi kan memasuki bulan Ramadhan kalau jalanya sudah baik maka semuanya akan lancar hingga Hari Raya Idul Fitri mendatang,” ucapnya.

Sementara itu, Kades Bojasari, Sugeng Riyanto saat datang melihat warganya melakukan penambalan jalan, mengucapkan terima kasih atas inisiatif warga Dusun Siyono dengan antusiasnya melakukan gotong royong penambalan jalan Kabupaten.

“Kami sangat berterima kasih kepada warga masyarakat Dusun Siyono yang telah mengawali melakukan penambalan jalan secara swadaya ini,” tuturnya.

Baca juga:  Pernyataan Resmi Acep Djuhdiyana Direja Tentang Pengunduran Diri dari Jabatan Kepala Desa Pangkalan

Kades Bojasari juga menjelaskan bahwa pada tahun 2023 jalan tersebut akan dilakukan pengaspalan dari dana aspirasi salah satu anggota DPRD dari Fraksi PKB Wonosobo, Nawawi.

“Tahun ini akan ada pengaspalan jalan ini namun belum jelas turunnya bulan apa, meski demikian penambalan yang dilakukan warga ini sangat membantu Pemerintahan Desa dan membantu kelancaran pengguna jalan umumnya,” papar Sugeng.

“Untuk tindak lanjut, Insya Allah Pemdes juga akan melakukan penambalan jalan bagian wilayah selatan lapangan Kartika Buana Bojasari – Dusun Trajon. Semoga kegiatan ini akan menumbuhkan kebaikan dan bermanfaat untuk masyarakat umum pengguna jalan ini,” tutupnya. (Herman)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait