website statistics
29.4 C
Indonesia
Mon, 20 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Monday, 20 May 2024 | 15:54:35 WIB

Ketua MUI Ajak Umat Islam Manfaatkan Ramadhan Dengan Melakukan Perbuatan Baik dan Menghindari Konflik Politik

Jakarta | detikNews – KH Abdullah Jaidi, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), mengingatkan, kepada seluruh umat Islam agar memanfaatkan Ramadhan 1444H untuk kebaikan. Dia juga berharap, para parpol bisa terhindar dari konflik politik selama Ramadhan yang bertepatan dengan tahun Pemilu ini.

“Persoalan politik ini harus terus kita pahami dan jangan jadikan perpecahan di antara kita, bangsa dan negara Indonesia”, ucapnya dalam acara pembacaan 1 Ramadhan 1444 Hijriah di Auditorium HM Rasjidi, Jakarta Pusat, Rabu, 22/3/2023. .

Baca juga:  Puluhan Sepeda Motor, Kapolres Batu Bara Geruduk Mako Yonif 126 Kala Cakti. Ada Apa?

Abdullah mengatakan, upaya menghindari konflik politik juga dapat menjaga persatuan dan kesatuan di antara masyarakat. Karenanya, Ramadhan tahun ini tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kesalehan beragama, tetapi juga kesalehan sosial.

“Kita tidak hanya berpuasa, melaksanakan shalat qiyamul Ramadhan. Tapi ketakwaan kita harus mendekati mata pencaharian kita. Mudah-mudahan bantuan yang kita terima harus datang dari rezeki Allah Subhanahu Wa Ta’ala”, ujarnya.

Di sisi lain, Ketua Komisi VIII Ashabul Kahfi juga menyinggung persatuan umat. Menurutnya, Ramadhan merupakan momen untuk meningkatkan toleransi beragama.

Baca juga:  Korban Tewas karena Angin Topan Freddy di Malawi Terus Meningkat Menjadi 100 Orang

“Pertama, puasa harus menjadi media pemersatu bagi semua orang, karena banyak hal yang bisa kita pelajari, termasuk bagaimana menghormati orang yang berbeda agama”, ujarnya.

Misalnya, kata Ashabul, tidak makan dan minum di tempat umum. Ia mengatakan bahwa ini adalah bagian dari menjaga ketertiban dan keamanan.

“Mari kita saling menjaga, dan mari kita manfaatkan Ramadhan untuk amal kebaikan dan produktif”, ujarnya.

Baca juga:  Tragedi di Depok: Seorang Pengendara Motor Meninggal Dunia Setelah Tabrakan dengan Truk

Sebelumnya, Kementerian Agama RI telah memutuskan bahwa Ramadhan 1 akan jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023. Keputusan ini berdasarkan keputusan musyawarah berdasarkan hisab dan rukyatul hilal.

Pada hari rukyat 29 Syaban 1444 H, ketinggian bulan sabit di seluruh Indonesia berada di atas ufuk, berkisar antara 6 derajat 46,2 menit hingga 8 derajat 43,2 menit, dengan sudut elongasi antara 7,93 derajat hingga 9,54 derajat.(Nawi)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait