website statistics
24.4 C
Indonesia
Sat, 20 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Saturday, 20 April 2024 | 1:12:23 WIB

Ketua PKK Hj. Hasnah Syam Pantau Pelayanan MKJP Rangkaian Hari Jadi Barru ke 62

Reporter: Andri

Barru | Gerbang Indonesia – Sejalan dengan meningkatnya jumlah penduduk Indonesia dan kebutuhan akan kesehatan reproduksi untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak maka pemerintah mencanangkan program Keluarga Berencana (KB).

Program KB merupakan program kegiatan promotif dan preventif yang terpadu, menyeluruh dan berkesinambungan. Pelayanan promotif dan preventif meliputi konseling dan penggunaan kontrasepsi Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Baca juga:  Ini Kata Salampessy di Puncak HUT Bupolo ke-23

Terkait hal itu, Ketu TP. PKK Kab. Barru drg. Hj. Hasnah Syam Pantau pelayanan program Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) yang digelar Dinas PMD PPKB dan PPPA bekerja sama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yang gelar di UPTD Puskesmas Soppeng Riaja, Jumat (13/03/2022).

Hj. Hasnah Syam menuturkan bahwa program MKJP ini merupakan metode kontrasepsi yang harus digalakkan karena efektifitasnya relatif lama antara tiga tahun sampai seusia hidup yang terdiri dari implan, Intra Uterine Device (IUD), Metode Operasi Wanita (MOW) dan Metode Operasi Pria (MOP).

Baca juga:  Tampung Keluhan Masyarakat, H. Heri Julius Langsung Terjun Kelapangan

” Saat ini masih banyak ibu-ibu yang menggunakan alat kontrasepsi jangka pendek, padahal alat KB jangka pendek risiko kegagalannya cukup tinggi. Untuk itu kami sarankan agar terus dilakukan edukasi terkait program ini ” ujarnya.

Ia juga berharap dengan kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi capaian target pelayanan KB di Kabupaten Barru.

Baca juga:  Atasi Kemiskinan, Plt. Bupati Pemalang: Target Nol Persen Tahun 2024

Hadir pada kegiatan ini Kepala Dinas PMD, Camat Soppeng Riaja, dan Kepala UPTD Puskesmas Soppeng Riaja.

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait