website statistics
22.4 C
Indonesia
Thu, 28 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Thursday, 28 March 2024 | 17:25:35 WIB

Kontroversi Penutupan Patung Bunda Maria dengan Terpal di Kulon Progo: “Upaya Mencapai Kerukunan Antar Umat Beragama”

Kulon Progo | detikNews.co.id – Patung Bunda Maria di komplek sasana di Pedukuhan Degolan, Kalurahan Bumirejo, Kapanewon Lendah, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, sedang menjadi perhatian publik setelah video viral menunjukkan patung tersebut ditutup dengan terpal. Namun, permasalahan ini sejatinya tidak terlalu rumit, Jumat (24/3/2023).

Menurut Kepala Kementerian Agama Kulon Progo, M Wahib Jamil, komunikasi antara pihak-pihak terus berlangsung. Pemerintah meminta pemilik atau pengelola untuk meningkatkan pendekatan ke berbagai pihak dan masyarakat sekitarnya, agar semua pihak bisa saling memahami. Proses ini masih berjalan, dan pihak-pihak yang terlibat belum tahu peruntukan patung dan komplek sasana untuk apa.

Baca juga:  TikTokers Picu Viral Trend dengan Tangani Sendiri Perbaiki Jalan Rusak

Wahib juga menekankan pentingnya kerukunan antar umat beragama dalam pembangunan komplek sasana dan penyelenggaraan kegiatan keagamaan. Ia berharap pihak Katolik terlibat dalam edukasi dan komunikasi ke warga, sehingga terwujud kerukunan dan kebersamaan di Kulon Progo.

Ketua RT 61 Purwoko juga mengatakan bahwa kerukunan antar umat beragama selama ini terjaga baik di antara warga setempat, tanpa melihat perbedaan. Persoalan sasana sebenarnya tidak terlalu runcing, karena warga sudah pernah bertemu dan melakukan kesepakatan dengan keluarga pemilik sasana. Mereka akhirnya sepakat boleh mendirikan makam tersendiri di luar makam umum, namun hanya untuk suami dan istri pemilik sasana.

Baca juga:  Jalinan Silaturahmi dan Komunikasi Akan Tetap Ada Meski Tidak Bersama

Namun, ada segelintir oknum warga yang melapor ke ormas, sehingga terjadi negosiasi terkait patung Bunda Maria yang dianggap menyolok. Purwoko mengatakan bahwa sebenarnya situasinya adem ayem saja. Semoga dengan adanya komunikasi dan kesepakatan yang baik, permasalahan ini dapat segera terselesaikan dan kerukunan antar umat beragama terus terjaga di Kulon Progo. (Sl)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait