website statistics
22.4 C
Indonesia
Fri, 26 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Friday, 26 April 2024 | 5:10:19 WIB

Kontroversi Terungkap: Pengacara Binance Mengungkap Ketua SEC Pernah Menawarkan Diri Sebagai Penasihat di Binance

detikNews | Kontroversi mengelilingi Ketua SEC, Gary Gensler, semakin memanas saat terungkap bahwa ia pernah menawarkan diri sebagai penasihat untuk perusahaan induk Binance pada tahun 2019. Pengacara dari Binance, Gibson Dunn dan Latham dan Watkins, telah mengajukan dokumen kepada SEC yang mengungkapkan bahwa Gensler telah melakukan percakapan dengan eksekutif Binance dan pendirinya, Changpeng Zhao.

Dalam dokumen tersebut, disebutkan bahwa percakapan antara Gensler, eksekutif Binance, dan Zhao terjadi pada Maret 2019. Akhirnya, Gensler bertemu dengan Zhao di Jepang untuk makan siang pada akhir bulan tersebut. Pada saat itu, Gensler masih mengajar di Sekolah Manajemen Sloan di Massachusetts Institute of Technology.

Baca juga:  Analisis Elliptic Mengungkapkan Peretas Korea Utara sebagai Pelaku Utama dalam Serangan Terhadap Atomic Wallet

Namun, Gensler kemudian dilantik sebagai Ketua SEC pada tahun 2021 oleh Presiden Biden. Sejak itu, dia telah mengambil sikap tegas terhadap industri kripto, dengan menggugat beberapa perusahaan yang diduga menjual sekuritas yang tidak terdaftar.

Pada awal pekan ini, SEC mengajukan 13 dakwaan terhadap Binance dan Zhao. Dakwaan tersebut antara lain mencakup tuduhan bahwa Binance gagal mendaftar sebagai bursa dan broker-dealer, melakukan pencampuran dana secara tidak benar, dan tidak memiliki kontrol internal yang memadai atas bisnisnya.

Baca juga:  Suntikan Modal Mendatang Tokocrypto dari Konglomerat Besar: Siapa yang Menjadi Sorotan?

Sebelum Gensler mulai mengejar Binance, ia dilaporkan berusaha menjalin hubungan dengan perusahaan tersebut. The Wall Street Journal sebelumnya melaporkan tentang hubungan antara Gensler dan Binance, mengutip pesan internal Binance dan sumber yang akrab dengan Ketua SEC. Kedua sumber tersebut menyarankan agar Binance mendekati Gensler.

Dalam dokumen yang diajukan oleh pengacara Gibson dan Latham, disebutkan bahwa Zhao terus berhubungan dengan Gensler setelah pertemuan Maret tersebut. Menurut permintaan Gensler, Zhao bahkan setuju untuk diwawancarai sebagai bagian dari kursus cryptocurrency yang diajarkan oleh Gensler di MIT di masa depan.

Baca juga:  Langkah Ketat Jepang dalam Menegakkan Regulasi Anti Pencucian Uang Melalui Kripto

Kontroversi ini menimbulkan pertanyaan mengenai hubungan antara Gensler dan industri kripto serta perusahaan-perusahaan terkait. Beberapa pihak mempertanyakan integritas Gensler dan apakah tindakan kerasnya terhadap Binance dan perusahaan kripto lainnya merupakan reaksi atas penawaran penasihatannya yang ditolak pada tahun 2019.

Sementara itu, Binance dan Zhao masih harus merespons tuduhan dan pernyataan yang diajukan oleh SEC dan pengacara Gibson Dunn dan Latham. Perkembangan lebih lanjut terkait kasus ini masih akan diungkap dalam waktu mendatang, dan industri kripto serta para pelaku pasar akan memperhatikan dengan seksama. (In)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait