website statistics
29.4 C
Indonesia
Sat, 20 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Saturday, 20 April 2024 | 14:22:28 WIB

Kota Depok Terapkan Sistem Informasi dan Komunikasi Yang Baik dan Terstruktur, Menarik Kunker Komisi I DPRD Banten

Depok | detikNews – Rombongan Komisi I DPRD Provinsi Banten melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok untuk mempelajari sistem komunikasi dan informasi yang diterapkan di Kota Depok. Ketua Komisi I DPRD Banten, A. Jazuli Abdillah, mengatakan, bahwa tantangan dalam era digital membuat mereka ingin belajar dari program – program yang sudah dikerjakan oleh Kota Depok.

Selama kunjungan kerja, A. Jazuli Abdillah bersama rombongan mempelajari semua aplikasi yang ada di Kota Depok, kecepatan pelayanan, pengaduan, Smart City, dan beberapa sistem yang sudah ada di Kota Depok. Ia menyatakan, bahwa sistem informasi dan komunikasi yang digunakan oleh Kota Depok sudah sangat baik dan terstruktur, ditambah dengan adanya beragam aplikasi dan inovasi yang mendukung.

Baca juga:  Insiden Tabrakan Pajero dengan Pembatas Jalan di Serpong yang Berlanjut Menabrak 2 Kendaraan Lain

Menurutnya, inilah yang membuat mereka ingin belajar dari Kota Depok, karena banyak aplikasi dan inovasinya yang dijadikan tempat belajar dari daerah – daerah lain. Sebagai Kota tetangga DKI Jakarta, Depok harus responsif dan cepat tanggap dalam merespons perkembangan di era digital, dan hal ini akan diaplikasikan di daerah mereka.

“Inilah yang membuat saya bersama rombongan ingin belajar dari Depok, karena kami melihat aplikasi dan inovasinya banyak dijadikan tempat belajar dari daerah-daerah lain”, ungkapnya.

“Saya menilai Depok sudah bagus dan sebagai Kota tetangga DKI Jakarta memang harus responsif dan cepat tanggap merespons perkembangan di era digital, Ini akan diaplikasikan di daerah kami,” tambahnya.

Baca juga:  Akibat Alergi Antibiotik Satpam Mestika Meninggal di RS Eshmun

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Depok Manto menjelaskan, peran dan fungsi Diskominfo serta menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh rombongan kunker dari Provinsi Banten. Manto menyampaikan, bahwa ada Tiga urusan yang digali oleh rombongan yaitu : urusan informasi dan komunikasi, statistik dan persandian, kemudian, terkait masalah data dan penyiapan sumber daya manusia non ASN.

“Beliau tadi menggali ada tiga urusan yaitu : urusan informasi dan komunikasi, statistik dan persandian, juga terkait masalah data dan penyiapan sumber daya manusia (SDM) non ASN”, ujar Manto.

Baca juga:  Seorang Pria Tanpa Identitas Diduga Pemulung Ditemukan Tergeletak Bersimbah Darah di Trotoar 

“Serta bagaimana solusinya, lalu kami sampaikan sesuai dengan kebijakan yang ada”, sambungnya..

Manto juga menambahkan, bahwa kunjungan kerja beberapa daerah ke Diskominfo Kota Depok, tidak terlepas dari capaian – capaian yang sudah dilakukan, seperti menduduki posisi 10 besar dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan menjadi Kota yang informatif di tahun 2022. Walikota Depok, Mohammad Idris, selalu mengingatkan, agar mereka bisa bekerja secara kolaboratif dan tuntas, dalam arti inovasi yang dilakukan oleh setiap perangkat daerah dapat membawa kemajuan menuju Kota Depok yang maju, berbudaya, dan sejahtera.(Roni)

 

 

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait