website statistics
29.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 14:52:36 WIB

KPK Mengomentari Wanita yang Merekam Informasi tentang USD 2 Juta dan Tersangka Hasbi Hasan

Jakarta | detikNews – Seorang wanita bernama Linda telah mengajukan keluhan terkait rekaman yang berisi pembicaraan mengenai rencana penetapan Sekretaris Mahkamah Agung, Hasbi Hasan, sebagai tersangka. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan keterbukaannya terhadap setiap laporan yang diajukan oleh masyarakat.

Ali Fikri, Kabag Pemberitaan KPK, mengungkapkan bahwa peran serta masyarakat sangatlah penting dalam proses penyidikan, dan mereka menghargai upaya masyarakat yang mendapatkan, memperoleh, dan memiliki informasi terkait penyidikan yang sedang dilakukan oleh KPK. Hal ini disampaikan oleh Ali kepada wartawan pada Kamis (25/5/2023).

Baca juga:  Inovasi Menu Stunting PMT dengan Daun Kelor oleh TP-PKK Cilangkap untuk Meningkatkan Gizi Anak

Ali menjelaskan bahwa KPK menerima laporan dari masyarakat melalui mekanisme pengaduan, dan setiap laporan tersebut akan ditelaah terlebih dahulu.

“Silakan melaporkan melalui prosedur pengaduan yang ada,” ujar Ali.

Ali menyatakan bahwa laporan dari masyarakat akan dianalisis untuk menentukan apakah penyelidikan dapat dilakukan.

“Selanjutnya, laporan tersebut akan ditindaklanjuti apakah dapat digunakan dalam proses penyidikan yang sedang kami lakukan,” tambah Ali.

Sementara kasus penetapan tersangka Hasbi Hasan sedang berlangsung, seorang wanita bernama Linda mengklaim bahwa dia memiliki rekaman yang berisi percakapan tentang rencana penetapan Hasbi Hasan sebagai tersangka. Linda mengunjungi KPK pada hari Senin (15/5/2023) untuk melaporkan temuannya.

Baca juga:  KPK Mendalami Kasus Korupsi Pengadaan Bansos Beras Kemensos dengan Memeriksa Saksi dan Rekonsiliasi Data Distribusi

Linda mengatakan bahwa dia merekam percakapan tersebut secara diam-diam. Awalnya, dia tidak mengetahui sosok yang akan ditetapkan sebagai tersangka.

Menurut Linda, dalam percakapan tersebut terlibat empat orang, di antaranya dua orang diyakini sebagai pihak dari KPK.

“Dugaan saya, dua orang adalah penyidik, dan dua orang lainnya adalah orang dari luar,” ujar Linda.

Linda juga melaporkan temuannya tersebut kepada KPK pada kunjungannya pekan lalu, dan bukti rekamannya telah diserahkan ke lembaga tersebut.

Baca juga:  Polda Jabar: Kepadatan di Kawasan Wisata Puncak Bogor Masih Berpotensi Terjadi di Akhir Pekan

“Laporan saya sudah diterima oleh KPK. Saya juga membawa rekaman tersebut. Saya ingin mereka mendengarkannya terlebih dahulu sebelum saya memberikannya secara langsung,” tambahnya.

Selain itu, Linda mengklaim bahwa dalam rekamannya terdapat dugaan penerimaan uang sebesar 2 juta dolar AS yang terkait dengan penetapan tersangka Hasbi Hasan.

“Bahkan dalam rekaman ini, jika kita perhatikan dengan seksama, terdapat dugaan bahwa 2 juta dolar AS telah diterima,” ungkapnya.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait