website statistics
21.4 C
Indonesia
Fri, 29 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Friday, 29 March 2024 | 6:05:44 WIB

KPK Mengusut Dugaan Korupsi Pemotongan Tunjangan Kinerja di Kementerian ESDM yang Diduga Capai Puluhan Miliar Rupiah

Jakarta | detikNews.co.id – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sedang mengalami kasus dugaan korupsi yang sedang diusut oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kasus tersebut terkait dengan pemotongan tunjangan kinerja (tukin) pegawai Kementerian ESDM yang diduga mencapai puluhan miliar rupiah, Selasa (28/3/2023).

Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri, mengatakan bahwa sejauh ini, uang hasil korupsi tersebut diduga dinikmati oleh segelintir oknum untuk kepentingan pribadi, seperti membeli aset, operasional, dan terkait proses pemeriksaan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Baca juga:  Breaking News: Buronan Mardani Maming Serahkan Diri ke KPK

Namun, Ali belum memberikan penjelasan lebih lanjut terkait penggunaan uang tersebut. Meskipun begitu, KPK akan terus melakukan pendalaman terhadap kasus ini.

Dalam pengusutan kasus tersebut, KPK melakukan penggeledahan kantor Kementerian ESDM di Jakarta Pusat dan kantor Direktorat Jenderal Minerba Kementerian ESDM di Tebet, Jakarta Selatan.

Meskipun peningkatan status perkara ke tahap penyidikan biasanya diiringi dengan penetapan tersangka, Ali belum dapat memberikan informasi terkait identitas pihak yang ditetapkan sebagai tersangka maupun konstruksi perkara dugaan korupsi tersebut.

Baca juga:  KPK Amankan Uang Rupiah dan Mata Uang Asing Saat OTT Pejabat Balai DJKA Jateng Terkait Kasus Korupsi

Kasus korupsi ini sangat merugikan negara dan mencoreng citra pemerintah. Oleh karena itu, KPK harus melakukan pengusutan secara tuntas dan memastikan bahwa oknum-oknum yang terlibat dalam kasus tersebut diadili secara adil dan sesuai dengan hukum yang berlaku. (Sl)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait