website statistics
22.4 C
Indonesia
Sat, 2 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Saturday, 2 March 2024 | 6:52:20 WIB

Kurangi Sampah Plastik, Warga Kampung Rawageni Depok Bagikan Daging Qurban Pakai Besek bambu dan Daun Labu

Depok | detikNews – Camat Cipayung Kota Depok, Hasan Nurdin mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Panitia Idul Adha RW 07, Kampung Rawageni, Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok.

Pasalnya, dalam kegiatan pembagian daging Qurban, panitia pelaksana tidak menggunakan kantong plastik untuk pembungkus daging Qurban, melainkan menggunakan besek bambu dan daun labu.

“Saya sangat mengapresiasi sekali kepada warga 07, Kampung Rawa Geni, Kelurahan Ratujaya. Pembagian daging kurban menggunakan besek bambu dan daun labu, dan hal itu sangat membantu pemerintah dalam mengurangi sampah”, ucap Hasan, Minggu 10/07/2022.

Baca juga:  Breaking News: Seorang Purnawirawan TNI Tewas Ditabrak Mobil di Jakarta Timur

Hasan berharap, kegiatan tersebut bisa diikuti oleh seluruh warga, khususnya di Kelurahan Ratujaya.

“Mudah-mudahan kedepan, tidak hanya digunakan saat Idul Adha (Qurban) tapi juga dalam setiap kesempatan. Sehingga dapat mendorong peningkatan pelestarian, dan budidaya tanaman keras, seperti pohon jati dan pohon waru. Juga pohon labu dan pohon pisang”, tutur Camat Cipayung.

Baca juga:  Dugaan Penyelewengan Dana Program Bantuan BPNT 2022 di Wilayah Kabupaten Serang Terjadi Lagi

Sementara itu, Ketua RW 07 Kampung Rawageni, Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Sanusi mengatakan, bahwa pihaknya sudah berpesan kepada Panitia Idul Adha, untuk pembagian daging Qurban tidak menggunakan kantong plastik, dan sebagai gantinya menggunakan besek bambu dan daun labu.

“Untuk RT 05, pihak panitia menyediakan 170 besek bambu, sedangkan RT lainnya menggunakan ratusan lembar daun labu dan daun pisang sebagai pengganti wadah daging kurban”, beber Sanusi.

Baca juga:  Pengalaman Menegangkan: Pesawat Komisioner Komnas HAM JT992 Naik Kembali Saat Akan Mendarat di Kendari

Hal itu dilakukan lanjutnya, untuk mengurangi sampah saat perayaan Hari Raya Idul Adha.

Menurut Sanusi, jumlah warga diwilayahnya, dari RT 01 hingga RT 06 terdapat 895 KK, dan seluruh warganya dipastikan akan mendapatkan daging Qurban.

“Seluruh warga akan kami distribusikan daging Qurban. Khusus yatim dan dhuafa, porsi dagingnya akan kami lebihkan”, tutup Sanusi. (Roni)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait