website statistics
21.4 C
Indonesia
Fri, 29 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Friday, 29 March 2024 | 2:40:17 WIB

KWT Selendang Ratu Sukses Panen Sayuran Hidroponik dan Raih Prestasi dalam Pengembangan Pertanian

Depok | detikNews – Kelompok Wanita Tani (KWT) Selendang Ratu, yang berlokasi di RW 05 Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, telah sukses melakukan panen sayuran jenis Pakcoy dan Salada dari hasil kebun Hidroponik mereka. Dalam satu pekan terakhir, mereka berhasil memanen sebanyak 25 kilogram sayuran yang sebagian digunakan untuk konsumsi bersama para anggota, dan sebagian lagi dijual untuk biaya di perkebunan.

Ketua KWT Selendang Ratu, Khoiril Laily mengungkapkan, bahwa ratusan sayuran yang berhasil dipanen ini berasal dari kebun berukuran 400 meter persegi dengan total 399 lubang tanam. Hasil ini merupakan bukti bahwa kebun Hidroponik dapat menjadi alternatif yang menjanjikan bagi masyarakat dalam menghasilkan tanaman pangan yang lebih produktif dan efisien.

Baca juga:  Terkecoh oleh Rambu Lalu Lintas, Banyak Pengendara Motor Melaju ke Tol Gadog

Usai memanen Pakcoy dan Salada, KWT Selendang Ratu berencana untuk menanam sayuran Kale dan Kaylan. Para anggota KWT Selendang Ratu, yang mayoritas adalah ibu-ibu, telah melakukan penyemaian bibit sayuran tersebut sebelumnya.

Selain sayuran di kebun Hidroponik, KWT Selendang Ratu juga menanam berbagai jenis sayuran dan buah-buahan seperti : Tomat, Cabai, Terong, Daun Kelor, buah Markisa, dan Labu Bligo. Sejak tahun 2018 hingga saat ini, total ada 35 anggota KWT yang tergabung dari RT 01-10.

Baca juga:  Kegiatan Pesantren Kilat di Kampung Rawageni Menerapkan Konsep Kawasan Ramah Anak

Keberhasilan KWT Selendang Ratu ini telah membuahkan prestasi yang tidak sedikit. Mereka berhasil menjadi juara tingkat Provinsi pada program P2WKSS 2018, Juara 1 Lomba Food Estate di Koramil 01/Pancoran Mas, dan Juara 1 tingkat Provinsi lomba P2L. Ini merupakan prestasi yang patut diapresiasi dan menjadi contoh inspiratif bagi masyarakat sekitar untuk ikut serta dalam mengembangkan lahan pertanian mereka.

Baca juga:  Gerakan Pramuka Saka Bakti Husada: Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Melalui Krida dan Aksi Nyata

Lurah Ratujaya, Bambang Sugiharto, memberikan apresiasi kepada para anggota KWT Selendang Ratu atas prestasi mereka dalam mengembangkan lahan pertanian mereka. Menurutnya, dengan memanfaatkan lahan yang tersedia dan mengoptimalkannya, masyarakat dapat menjadi lebih produktif dalam menghasilkan tanaman pangan untuk kebutuhan sehari-hari.

“Kegiatan KWT Selendang Ratu ini juga membuktikan bahwa gotong – royong dan kerja sama antar warga dalam mengembangkan pertanian dapat menghasilkan hasil yang produktif dan mandiri bagi masyarakat”, ungkapnya.(Arifin)

 

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait