website statistics
27.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 20:13:02 WIB

Laksanakan Pengmas di Yayasan Panti Asuhan Ar-Ridho, Tim Dosen BSI Ajarkan Pelatihan Pembuatan Surat Menggunakan Software Microsoft Word

Depok | detikNews – Tim Dosen Universitas Bina Sarana Informatika (Universitas BSI) melaksanakan Pengabdian Masyarakat (PM) yang berlokasi di Yayasan Panti Asuhan Ar-Ridho, Depok, Sabtu, (5/11/2022). Dalam kegiatan tersebut, kelompok PM yang dipimpin oleh Nanang Lidwan dan beranggotakan : Heny Sumarno sebagai Tutor, Wawan Ridwan, Sabaruddin Siagian, dan Talita Listra, memberikan pelatihan pembuatan surat-menyurat dengan menggunakan Microsoft Word di Panti Asuhan Ar-Ridho Kota Depok.

Nanang selaku Ketua kelompok mengatakan, bahwa kegiatan membuat surat bukanlah kegiatan yang awam bagi masyarakat yang sedang belajar, khususnya untuk anak-anak pada jenjang sekolah, karena baik dari tingkat SD sampai SMA, pembelajaran tentang menulis surat selalu ada di Silabus mata pelajaran Bahasa Indonesia, dengan menggunakan Microsoft Word.

Baca juga:  Sikapi Tema Serangan Siber Dalam Debat Calon Presiden 2024, Pakar Keamanan dan Pertahanan Angkat Bicara 

Sementara itu, Heny menjelaskan, bahwa surat-menyurat merupakan hal yang sangat penting didalam melakukan kegiatan pada suatu instansi ataupun perusahaan. Format surat-menyurat yang baik, dan benar tentunya sangat dibutuhkan dalam surat-menyurat yang bersifat formal.

“Software ini sudah sangat lazim digunakan pada suatu instansi, ataupun Perusahaan dalam membantu pekerjaan sehari-hari khususnya dibidang perkantoran”, ucap Heny, Sabtu 05/11/2022.

Baca juga:  Kota Depok Sukses Meloloskan Tiga Finalis ke Babak Final KOAS Tingkat Jabar

Lebih lanjut Henny menambahkan, bahwa dengan adanya Microsoft Word ini, maka pekerjaan khususnya pembuatan surat-menyurat dapat dilaksanakan dengan mudah, cepat, sangat rapih, dan bagus dalam penyajiannya.

“Ada tujuh tahapan dalam pembuatan surat-menyurat dengan menggunakan Microsoft Word antara lain : membuat lembar halaman baru, materi pengaturan kertas/page, margin, pemilihan jenis dan ukuran huruf, membuat kop surat, cara membubuhkan tanda tangan pada surat, cara menyimpan dokumen dan tahap terakhir cara membuat tabel”, tutup Henny.

Baca juga:  Tutup Sanlat dengan Santunan Yatim di SDN Anyelir II, M.Suryadi.S.Ag Pesankan Jangan Kendor Menghadapi 10 Terakhir Ramadhan 1443H

Dalam kegiatan tersebut, Tim Pengmas BSI juga memberikan cara penanganan keluhan-keluhan peserta pelatihan, menyangkut kendala-kendala yang dihadapi para peserta dalam pembuatan surat-menyurat yang formal.

Kemudian di akhir kegiatan pengabdian tersebut, dilakukan pula penyerahan Tali Kasih, dan Donasi berupa Al-qur’an dari Taat Kuspriyono Kepala Kampus Universitas BSI, yang diwakili dan diserahkan oleh Wawan Ridwan.(Arifin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait