website statistics
22.4 C
Indonesia
Fri, 26 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Friday, 26 April 2024 | 4:43:25 WIB

Lakukan Kunjungan Kerja, H.Imam Musanto Tinjau Kegiatan Verval DTKS dan PTM Sinergitas Katar Kelurahan Bersama Puskesmas Mampang

Depok | detikNews – H.Imam Musanto S.Pd.MM (Bang Imun) anggota DPRD Kota Depok Komisi D Fraksi PKS, lakukan kunjungan kerja pada kegiatan Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Pemeriksaan Dini Penyakit Tidak Menular (PTM) yang digelar jajaran Karang Taruna Kelurahan Mampang bersama Tenaga Kesehatan (Nakes) Puskesmas Mampang, diwilayah RT4/RW11, Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, sebagai salah satu tupoksi seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok.

H.Imam Musanto S.Pd.MM mengatakan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi atas sinergitas kinerja yang dilakukan antara jajaran Karang Taruna Kelurahan Mampang bersama para Nakes Puskesmas Mampang, yang telah membuktikan kerja nyata dalam memberikan pelayan terbaik bagi masyarakat diwilayah kerjanya.

“Alhamdulillah wa syukurillah, terimakasih banyak saya ucapkan kepada para jajaran Karang Taruna Kelurahan Mampang bersama para Nakes Puskesmas Mampang, yang telah menggelar kegiatan yang sangat bermanfaat ini. Saya berharap kegiatan yang sangat positif ini bisa di tiru oleh wilayah-wilayah lain khususnya diwilayah Kecamatan Pancoran Mas, sebagai bentuk kerja nyata dan sinergitas aktif antara pihak pemerintah dengan para stakeholder yang ada, guna memberikan pelayanan terbaiknya bagi masyarakat”, ucapnya Senin 23/1/2023.

Baca juga:  Warga Keluhkan Area Jalan Depan Terminal Jatijajar Depok yang Kerap Banjir

“DTKS adalah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang meliputi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), Penerima Bantuan, dan Pemberdaan Sosial serta Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS). DTKS memuat 40% penduduk yang mempunyai status kesejahteraan sosial terendah dan dapat menerima BST, PKH serta program-program terbaik yang dicanangkan Pemerintah khususnya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok”, sambung Bang Imun.

Politisi PKS Kota Depok ini menerangkan, bahwa terdapat Tujuh kategori masyarakat yang bisa mendapatkan program PKH yakni : Ibu Hamil, Balita, Siswa mulai dari SD, SMP, SMA, Lanjut Usia (Lansia), serta penyandang Disabilitas berat.

“Menurut Peraturan Menteri Sosial (Permensos) No.3/2021 tentang Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), yang dimakud dengan DTKS adalah data induk yang berisi data Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial, Penerima Bantuan dan Pemberdayaan Sosial, serta potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial, dan Ketujuh kategori masyarakat tersebut berhak untuk mendapatkan PKH dari pemerintah berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) dengan nominal yang berbeda-beda”, terang Bang Imun.

Baca juga:  Breaking News: Gempa Besar Mengguncang Garut 6,4 Magnitudo, BMKG: Waspadai Susulan

“Kegiatan Karang Taruna Kelurahan Mampang dan para Nakes Puskesmas ini sangat luar biasa, dan saya berharap para Dinas terkait bisa memberikan support aktif kepada teman-teman disini, dengan memfasilitasi kebutuhan masyarakat yang semakin dekat lingkungan tempat tinggal warga, agar kinerja para penyelenggara negara bisa benar-benar dirasakan oleh warganya. Selamat dan sukses selalu untuk teman-teman di Kelurahan Mampang”, pungkas H.Imam Musanto.

Sementara itu, Andi Widian (Bendil) Ketua Karang Taruna Kelurahan Mampang menjelaskan, bahwa kegiatan yang diselenggarakannya bersama jajaran Nakes Puskesmas Mampang adalah bukti nyata kinerja para generasi masa depan wilayah Kelurahan Mampang, yang menginginkan perubahan pelayanan terbaik bagi masyarakat secara signifikan dengan melakukan sentuhan langsung kepada lingkungan diwilayahnya.

“Selaku stakeholder resmi pemerintah, tentunya Karang Taruna adalah ujung tombak Tiga Pilar Pemerintahan khususnya ditingkat daerah. Jadi, sudah menjadi suatu kewajiban bagi Karang Taruna untuk memberikan pelayanan terbaik, termudah, terencana, terukur dan terarah, untuk terciptanya cita-cita pembangunan yakni : menjadi penyambung pintu kesejahteraan bagi kemaslahatan hidup warganya”, ucap Andi Widian (Bendil).

Baca juga:  Dana BOS SMP Islam Al-Falah Tak Kunjung Cair, H.Imam Musanto Desak Disdik Depok Agar Segera Berikan Rekomendasi Pencairan Hak Para Guru

“Dari kegiatan ini kami berharap, warga bisa teredukasi terkait pentingnya DTKS, memahami tentang proses-prosesnya, serta dapat mengetahui tentang manfaat dari DTKS itu sendiri”, jelasnya.

Tokoh Pemuda Kelurahan Mampang yang dikenal super aktif ini mengungkapkan, bahwa kegiatan yang masih akan dilakukannya beberapa hari lagi kedepan itu, untuk hari pertama tidak menemui kendala yang berarti, dan kegiatannya tersebut sangat disambut baik oleh warganya.

“Hari ini, sebanyak 150 Kepala Keluarga (KK) diwilayah RT4/RW11 telah kami layani dengan maksimal. Alhamdulillah tidak ada kendala berarti, dan warga pun sangat menyambut dengan antusias”, lanjutnya.

“Terimakasih banyak kepada H.Imam Musanto selaku anggota DPRD Komisi D Kota Depok yang memang dibidangnya, telah datang mengunjungi kegiatan Karang Taruna Kelurahan Mampang. Semoga bisa menjadi penyambung tapi silaturahmi antara warga dengan wakilnya di Parlemen Kota Depok, dan terimakasih juga kami ucapkan kepada pihak Puskesmas Mampang atas kerjasamanya. Tetap solid dan semangat selalu untuk jajaran Karang Taruna Kelurahan Mampang”, pungkas Bendil.(Arifin)

 

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait