website statistics
29.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 15:15:13 WIB

Lakukan Penelitian Pada Wilayah Rawan Gempa, Tiga Mahasiswa UPER Berikan Solusi Mitigasi Sebagai Bentuk Pencegahan Dini

Jakarta | detikNews – Dikutip dari akun resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pada Selasa (12/7/2022) pukul 09.52 WIB, telah terjadi gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,1 di Tanggamus, Lampung, dan dalam pernyataan kepada media, Jum’at (10/6/2022) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menyatakan bahwa Lampung merupakan daerah yang rawan akan dua bencana alam dominan, yakni Tsunami dan Gempa Bumi, karenanya mitigasi bencana telah menjadi salah satu program prioritas pemerintah.

Menyikapi hal tersebut, tiga mahasiswa Program Studi Teknik Geofisika Universitas Pertamina (UPER) memberikan alternatif solusi, guna memperkirakan potensi kerusakan suatu wilayah akibat gempa. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Ajifandi Iman Arif Nugraha, Muhammad Yahya Muflih Abad, dan Fachri Naya.

Ajifandi mengatakan, bahwa tim nya menggunakan metode Inversi Kedalaman Horizontal to Vertical Spectral Ratio (HVSR). Metode ini bekerja dengan cara merekam gelombang seismik, termasuk Gelombang S di bawah permukaan.

Baca juga:  Berbagi Pengalaman, Para Ahli UPER Berikan Pemahaman Memilih Pendidikan dan Karir Pada Siswa - Siswi SMA

“Metode ini selain bermanfaat memberi informasi tingkat kerentanan suatu wilayah akibat gempa, juga bisa digunakan sebagai acuan dalam pembuatan pondasi bangunan. Misalnya, diwilayah yang jenis tanahnya lunak, dalam membuat pondasi bangunan setidaknya harus dibuat lebih dalam pada lapisan tanah yang lebih keras”, ucap Ajifandi dalam wawancara daring, Selasa 12/07/2022.

“Penelitian terhadap potensi kerusakan tersebut, dipetakan berdasarkan karakteristik tanah dengan melihat kondisi bawah permukaan bumi. Tim memanfaatkan data Seismograf dari lima Stasiun Temporer milik Komite Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG yang terpasang di Provinsi Lampung”, ungkapnya.

Alhasil solusi Ajifandi dan tim ini berhasil meraih Juara I, pada Kompetisi Poster dan Paper ‘Advancing Indonesia’s Energy with Geophysics (AEIG)’ yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia.

Baca juga:  Surya Smart Village, Langkah Inovatif Mahasiswa UPER Meretas Kemandirian Desa Terpencil

Hasil dari penelitian yang dilakukan Ajifandi dan tim menunjukkan, bahwa jenis tanah yang terdapat di empat Stasiun penelitian termasuk ke dalam jenis tanah sedang dengan potensi kerusakan yang tidak terlalu tinggi. Namun, terdapat satu Stasiun yang termasuk kedalam jenis tanah lunak, dengan potensi kerusakan yang cukup tinggi.

“Secara geografis, Lampung terletak diwilayah tektonik yang cukup aktif. Sehingga, sangat wajar jika dibeberapa wilayah terdapat tingkat potensi kerusakan yang cukup tinggi”, sambung Ajifandi.

Sementara itu, Pakar Seismologi sekaligus Dosen pembimbing penelitian, Sandy Kurniawan Suhardja, Ph.D, menyatakan, idealnya mitigasi bencana tidak hanya dilakukan di level akademik melalui penelitian terhadap pemetaan maupun penanggulangan bencana saja.

“Kerja sama antar institusi, mulai dari pemerintah, organisasi swasta, hingga keterlibatan masyarakat, juga perlu terus digalakkan, guna membangun kesadaran pentingnya meminimalisir dampak bencana. Dalam penelitian yang dilakukan Ajifandi dan tim misalnya, kami juga bekerja sama dengan pihak Komite Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG untuk penyediaan data yang akurat dan mutakhir”, pungkasnya.

Baca juga:  Tembus Kompetisi Asia Pasifik, Srikandi Universitas Pertamina Wakili Indonesia ke Tingkat Dunia

Bagi siswa-siswi yang tertarik bekerja dibidang kebumian dapat bergabung di Program Studi Teknik Geofisika Universitas Pertamina (UPER). Saat ini, kampus besutan PT Pertamina (Persero) tersebut, kembali membuka pendaftaran Seleksi Nilai Raport (Non Tes) dan UTBK periode Juli untuk Tahun Akademik 2022/2023.

Universitas Pertamina juga menyediakan beasiswa dengan nilai total mencapai Rp 23 miliar. Informasi lengkap terkait program studi serta syarat dan ketentuan pendaftaran dapat diakses di laman https://pmb.universitaspertamina.ac.id. (Arifin)

——————————————-
Narahubung:
Ita M. Hanika – Manajer Humas Universitas Pertamina
No. HP: 0812 1972 8373
E-mail: [email protected]
——————————————-

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait