website statistics
28.4 C
Indonesia
Wed, 19 June 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Wednesday, 19 June 2024 | 16:39:34 WIB

LSM JARA Gandeng Pemkab Pidie Gelar Sunatan Massal Gratis

Pidie, Aceh | detikNews – LSM Jaringan Aspirasi Rakyat Aceh bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pidie menyelenggarakan acara khitanan massal gratis bagi masyarakat kurang mampu (kaum dhuafa) di Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H yang jatuh pada akhir bulan Maret 2023.

Acara tersebut dihadiri oleh Pj Bupati Pidie, Ir. Adisiswanto, MSI, anggota DPRK Pidie dari Fraksi PAN, Hizbullah, Ketua DPP LSM JARA, Iskandar Ar.Rahman, S.Pd, Kepus Tangse, Muliadi, Ketua LSM JARA DPK Tangse, Mustaqim, Ketua FKPT Tangse, Nasir, Camat, Pangdam, Kapolres Tangse, Ketua Apdesi Tangse, Asnawi, para kepala desa Kecamatan Tangse, dan tokoh nasional Aceh, H. Sayed Muhammad Muliadi , SH.

Iskandar, Ketua LSM JARA, mengatakan acara khitanan massal ini diadakan setiap tahun oleh DPP LSM JARA sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat kurang mampu dan untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

Baca juga:  Hukum Tua Kakenturan Barat Gelembungkan Jumlah Pekerja dalam LPJ 2021

“Seratus peserta yang mendaftar khitanan massal gratis itu, tak sabar menunggu giliran masuk ke ruangan yang telah disiapkan panitia,” ujar Iskandar, Ketua LSM JARA, Rabu (22/03/2024).

Hizbullah, Wakil Ketua DPP LSM JARA/Anggota DPRK Pidie dari Fraksi PAN dan warga asli Tangse mengatakan, acara khitanan massal ini merupakan program tahunan DPP LSM JARA untuk menyambut Ramadhan.

Pasca Covid-19 melanda Indonesia, khususnya Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, perekonomian masyarakat sangat terpukul. Banyak kegiatan terhenti, dan ekonomi masyarakat sangat lemah, tambahnya.

Baca juga:  Bupati Azwardi Serahkan 10 Unit Rumah dan 283 Paket Sembako untuk Petugas Kebersihan Aceh Utara

Oleh karena itu, Pengurus DPP LSM JARA memutuskan untuk menunjuk DPK LSM JARA Tangse sebagai panitia pelaksana. Hizbullah mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Pidie dan semua pihak yang membantu, antara lain Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie, PPNI Tangse, Puskesmas Tangse, Muspika Tangse, dan Rumah Sakit Tgk Chik Ditiro.

Plt Bupati Pidie, Ir. Adisiswanto, MSi mengatakan khitan merupakan kewajiban bagi orang tua remaja laki-laki sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW.

“Remaja laki-laki yang sudah baligh wajib disunat. Sunat juga bermanfaat bagi kesehatan mereka,” imbuhnya.

Adisiswanto merasa senang dengan antusias masyarakat yang mengikuti acara khitanan massal ini. Ia menyatakan, Pemkab Pidie akan terus mendukung program bansos seperti ini di wilayah kerjanya.

Baca juga:  Mewisudakan 117 Santri Bazla Institut, Bung Hatta : Young People are the Solution for Tomorrow

Sementara itu, tokoh nasional Aceh yang berhasil mengabdi pada bangsa, Sayed Muhammad Muliadi, SH mengatakan, acara khitanan massal yang diselenggarakan oleh LSM JARA DPP ini merupakan kegiatan yang mulia, terlebih pasca Covid-19 di mana ekonomi masyarakat Aceh sedang lemah, dan berbagai kegiatan terhenti.

“Bayangkan saja jangan untuk sunat anak nya, untuk mencukupi kebutuhan sehari – hari saja susah , tapi Alhamdulillah hari LSM JARA bersama pemerintah Kabupaten Pidie melaksanakan Sunat masal, ini sangat membantu masyarakat apalagi menyambut Bulan Suci Ramadhan,” ungkapnya dengan nada sedih.

Ditambahkannya, Ia mengucapkan terima kasih kepada LSM JARA dan Pemerintah Kabupaten Pidie yang telah menyelenggarakan giat tersebut. (Rizki. M)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait