website statistics
21.4 C
Indonesia
Mon, 4 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Monday, 4 March 2024 | 6:50:51 WIB

Mafia Umrah Terungkap! Ratusan Jemaah Terlunta-lunta di Saudi Akibat Penipuan PT NSWM

Jakarta | detikNews – Direktorat Reskrimum Polda Metro Jaya telah mengungkap sebuah kasus penipuan yang menimpa jemaah umrah. Menurut laporan, ada ratusan korban yang mengalami kerugian hingga mencapai Rp 10 miliar, Senin (27/3/2023).

Kombes Hengki Haryadi, Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya, menjelaskan bahwa kasus ini terungkap setelah menerima laporan dari Kementerian Agama (Kemenag). Para korban melaporkan kepada Konjen di Arab Saudi karena mereka tidak dapat pulang ke Tanah Air setelah melaksanakan ibadah umrah. Para jemaah tersebut terlunta-lunta di Arab Saudi selama 9 hari bahkan ada yang tidur di jalanan.

Baca juga:  Pria di Bandung Ditangkap Polisi Setelah Menanam Ganja di Tengah Hutan

Penyebabnya adalah mereka diberangkatkan oleh travel umrah PT NSWM. Hasil penyelidikan polisi menunjukkan bahwa ratusan orang telah menjadi korban penipuan oleh travel umrah tersebut. Saat ini, polisi telah berhasil menangkap dua orang terkait kasus ini.

Salah satu korban bernama Abdus dan 63 orang lainnya dijadwalkan untuk pulang pada 29 September 2022, namun batal pulang karena masalah visa. Mereka dibawa ke Hotel Prima dan diinapkan selama tiga hari sebelum dipindahkan ke Hotel Pakons Prime. Tidak semua dari mereka dapat pulang dan 16 jemaah umrah terlunta-lunta di Saudi Arabia.

Baca juga:  Mewujudkan Pencegahan Kekerasan Seksual: Waket MPR Meminta UU TPKS Diterapkan dengan Cepat

Abdus mewakili 16 jemaah lainnya dalam video yang diperoleh wartawan, ia berharap polisi menindak travel umrah tersebut agar tidak ada lagi korban berikutnya. Polisi menyidik kedua orang terkait kasus ini dengan Pasal 126 Jo Pasal 119 UU RI No 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah sebagaimana diubah dalam Pasal 126 UU RI No.11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Baca juga:  Kejadian Viral: Warga Negara Asing Asal Afrika Barat Menciptakan Kegemparan dengan Menghalangi Mobil Secara Telanjang Dada di Tangerang

Kasus ini menunjukkan bahwa para jemaah umrah harus lebih berhati-hati dalam memilih travel umrah yang dapat dipercaya. Tindakan penipuan semacam ini dapat merugikan banyak orang dan memberikan dampak yang buruk pada kepercayaan masyarakat terhadap travel umrah secara keseluruhan.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait