website statistics
30.4 C
Indonesia
Mon, 22 July 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

30.4 C
Indonesia
Monday, 22 July 2024 | 17:18:53 WIB

Mahasiswa dan Dosen Urindo Luncurkan Buku Administrasi Keuangan Bisnis untuk UMKM

Depok | detikNews – Dalam sebuah kegiatan pengabdian masyarakat yang berlangsung di Balai Latihan Koperasi, Sukmajaya, Kota Depok, mahasiswa dari Universitas Respati Indonesia (Urindo) dari program studi Administrasi Bisnis dan program pasca sarjana, bersama dosen-dosen mereka, meluncurkan sebuah buku baru.

Buku tersebut berjudul “Administrasi Keuangan Bisnis” dan merupakan hasil kolaborasi antara salah satu dosen dan delapan mahasiswa dari kelas administrasi bisnis. Buku ini berfokus pada pengelolaan keuangan dan dipersembahkan untuk membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam memisahkan keuangan usaha dari keuangan pribadi. Hal ini disampaikan oleh Dr. Tina Rosa, MM, M.Si dalam acara tersebut.

Baca juga:  Bisnis Jasa Laundry Tidak Bisa Disepelekan, Ini Faktanya

“Buku ini memberikan panduan tentang cara pengelolaan uang dan memisahkan antara uang untuk usaha dan uang untuk keperluan pribadi. Tujuannya adalah agar keuangan UMKM benar-benar terpisah,” ujar Tina pada hari Minggu, 7 Juli 2024.

Lebih lanjut, Tina menjelaskan bahwa dengan buku ini, diharapkan UMKM dapat mengembangkan usaha mereka dengan lebih baik melalui pemisahan keuangan yang jelas dan adanya tabungan untuk masa depan.

Baca juga:  Banjir dilokasi RT3/RW17 Panmas, Warga Minta Pintu Air Kali Pitara dibuatkan Posko dan ditempatkan Petugas Jaga

“Di dalam buku ini, dijelaskan cara menghitung Break-Even Point (BEP) dengan benar, cara menghitung biaya pemasaran, dan aspek keuangan lainnya. Buku ini disusun dengan singkat, padat, dan menarik untuk dibaca,” tambahnya.

Peluncuran buku “Administrasi Keuangan Bisnis” ini dirancang sesederhana mungkin agar mudah dipahami oleh UMKM yang belum menguasai konsep keuangan dan akuntansi.

“Bagi para manajer yang belum memahami akuntansi, buku ini memberikan pemahaman yang jelas dan sederhana tentang keuangan. Buku ini ditujukan agar manajer dapat memahami keuangan yang disusun oleh akuntan dan mengevaluasi apakah pengelolaan tersebut sudah layak,” pungkasnya.

Baca juga:  Ahli Waris Bojong-Bojong Malaka Minta Airlangga Hartarto Selesaikan Lahan UIII

Berikut adalah daftar penulis buku “Administrasi Keuangan Bisnis”:

  1. Dr. Tina Rosa, MM, M.Si
  2. Edwin Rojuddin, S.Pt
  3. Rio Agung Prabowo, STST., MM
  4. Jennudin, SE
  5. Muhammad Kelvin Nandita, S.Tr.T
  6. Muhammad Fauzi, S.E.I
  7. Vanny Andjani, S.Pd
  8. Johnathan, S.Kom
  9. Aldian Syafrin Pratama, S.Kom
Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait