website statistics
29.4 C
Indonesia
Sat, 20 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Saturday, 20 April 2024 | 13:17:13 WIB

Mahkota Tanpa Koh-i-Noor: Camilla dan Dilema Sejarah Kolonialisme Inggris

Jakarta | detikNews – Camilla, Ratu Inggris, telah menolak untuk memakai berlian Koh-i-Noor selama penobatan Raja Charles pada hari Sabtu, 6 Mei, melanggar tradisi. Menurut seorang anggota kerajaan, alasannya tidak memakai berlian itu karena tidak ingin menyinggung “sensitivitas politik”. Berlian selalu dikenakan oleh wanita, dimulai dengan Ratu Victoria, dan kemudian diturunkan ke Ratu Mary dan Ratu Alexandra sebelum dikenakan oleh Ratu Elizabeth II selama penobatannya pada tahun 1953, Sabtu (6/5/2023).

Penolakan Camilla untuk mengenakan berlian Koh-i-Noor sejalan dengan meningkatnya tuntutan pengembalian harta rampasan kolonial. Berlian 105 karat menyimpan sejarah panjang penaklukan dan imperialisme. Keberadaannya pertama kali dicatat oleh sejarawan Persia, Muhammad Kazim Marvi, pada pertengahan abad ke-18.

Para ahli percaya bahwa Koh-i-Noor berasal dari Golconda di selatan India. Intan tersebut dijarah oleh bangsa Turki pada awal Abad Pertengahan sebelum diwarisi oleh dinasti-dinasti Islam di India, termasuk dinasti Mughal.

Baca juga:  Kontroversi Kiriman Ganja dari Indonesia ke PM Malaysia, Berikut Fakta Terkini!

Kerajaan Punjab adalah pemilik terakhir Koh-i-Noor sebelum ditaklukkan oleh Inggris dan dipersembahkan sebagai hadiah kepada Ratu Victoria pada tahun 1849. Sejak itu, berlian melambangkan dominasi kekaisaran dinasti Victoria di dunia. dan kemampuan mereka untuk merebut benda paling berharga di dunia dan memajangnya sebagai simbol kemenangan.

India, Pakistan, Afghanistan, dan Iran saat ini mengklaim kepemilikan Koh-i-Noor dan menuntut pengembaliannya dari Inggris. “Ada tuntutan untuk mengembalikan berlian ke India dari politisi, aktivis, dan sejarawan. Kami percaya bahwa semua penjarahan kolonial harus dikembalikan sebagai simbol ketidakadilan sejarah,” kata Anuraag Saxena, pendiri Proyek Kebanggaan India di Singapura.

Baca juga:  India Sebagai Presiden G20 Mengeluarkan Rekomendasi Aturan Kripto Global untuk Menangani Tantangan Keuangan Masa Depan

Sentimen serupa diungkapkan oleh penggagas petisi repatriasi dari India di Amerika Serikat, Venktesh Shukla. Melalui petisi yang sejauh ini baru mengumpulkan 9.600 tanda tangan, dia menuntut agar berlian Koh-i-Noor segera dikembalikan. “Mereka seharusnya malu dengan apa yang telah mereka lakukan, bagaimana mereka bisa mendapatkan Koh-i-Noor. Tapi bukannya malu, mereka malah memamerkannya dengan bangga,” ujarnya.

Pada tahun 2016, pemerintah India mengklaim bahwa Koh-i-Noor diberikan sebagai hadiah kepada Kerajaan Inggris. Namun, pernyataan itu kemudian dikoreksi dengan janji untuk menegosiasikan solusi yang adil.

Penolakan Istana Buckingham untuk menampilkan Koh-i-Noor selama penobatan Raja Charles diklaim sebagai kompromi antara mencerminkan tradisi dan “kepekaan terhadap masalah saat ini,” menurut seorang anggota kerajaan yang berbicara kepada Daily Mail. Namun, sensitivitas ini tidak berlaku untuk berlian Cullinan yang kini menghiasi mahkota Camilla. Berlian itu dipotong dari berlian terbesar di dunia yang disebut Cullinan, yang ditambang oleh Inggris di koloni mereka di Afrika Selatan pada awal 1900-an.

Baca juga:  Menpora Muhadjir Desak PSSI Patuhi Konstitusi dalam Pertemuan dengan FIFA Soal Piala Dunia U-20

Dosa kolonialisme tidak hanya dinikmati oleh Istana Buckingham, tetapi juga oleh berbagai institusi kerajaan seperti Victoria and Albert Museum dan British Museum. Kedua institusi tersebut juga menyimpan ribuan artefak yang dijarah atau dicuri dari koloni mereka.

“Bukankah sudah waktunya bagi Inggris untuk mengikuti jejak negara lain?” kata aktivis India Saxena, merujuk pada pengembalian barang curian oleh Amerika Serikat, Jerman, Prancis, Kanada, dan Australia. “Mengembalikan artefak kami mungkin merupakan cara termudah bagi Inggris untuk menebus dosa kolonialnya,” pungkasnya.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait