website statistics
25.4 C
Indonesia
Fri, 19 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Friday, 19 April 2024 | 20:11:22 WIB

Maksimalkan Pengangkutan Sampah di Pasar Kemirimuka, DLHK Depok Kerahkan Sejumlah Armada dan Alat Berat

Depok | detikNews – Hingga saat ini, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok masih terus berjibaku membersihkan dan mengangkut tumpukan sampah yang berada di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji, Kota Depok.

Kini, tumpukan sampah yang sempat menggunung di Pasar tersebut sudah mulai terlihat berkurang volumenya.

“Kemarin kami sudah mengangkut sampah dengan 4 armada Tronton, dan hari ini, kami melibatkan 5 Dumb Truk, dan 3 Tronton, serta 1 alat berat”, ujar Kabid Kebersihan dan Kemitraan DLHK Kota Depok, Iskandar Zulkarnaen, Selasa, 27/12/2022.

“Hari ini sekitar 50 ton sampah kami angkut, dan sisanya kurang lebih sekitar 74 ton lagi”, ungkapnya.

Baca juga:  Kontrol Inflansi Jelang Nataru, Wawali Depok Blusukan ke Pasar

Menurut Iskandar, pengangkutan tidak bisa maksimal dikarenakan terkendalanya armada untuk membuang sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, karena Kondisi TPA sedang dalam penataan sampah, sehingga menyebabkan antrian panjang armada untuk masuk ke TPA Cipayung.

“Kita lg monitor armadanya, karena untuk masuk TPA Cipayung itu antriannya cukup panjang”, sambung Iskandar.

Lebih jauh dijelaskannya, untuk sampah di TPS Pasar Kemirimuka tersebut akan diangkut hingga benar-benar tidak ada sampah, dan untuk selanjutnya, pihak DLHK akan melakukan pendataan sumber penumpukan dari mana saja sampah-sampah tersebut, serta akan melakukan himbauan kepada para pelaku pembuang sampahnya.

Baca juga:  Ketua LSM Kramat: Pak Menteri ATR/BPN Tolong Gebuk Mafia Tanah di Lahan UIII Depok, Berani Gak?

“Antisipasi selanjutnya kami akan melakukan pendataan sumber sampah, dan juga secara lisan menghimbau kepada pihak-pihak lainnya yang berada diluar Pasar agar tidak membuang sampah di TPS pasar Kemirimuka, serta dengan melakukan pemasangan spanduk imbauan”, jelas Iskandar.

Sementara itu, Koordinator Wilayah Penanganan Sampah Kecamatan Beji, Kota Depok, Wawan mengungkapkan, bahwa untuk TPS Pasar Kemirimuka itu tidak benar sampahnya tidak diangkut. Pihaknya pada bulan November lalu sudah benar-benar mengangkut sampah tersebut hingga bersih.

“Itu tidak benar kalau ada yang mengatakan sampah TPS Pasar Kemirimuka tidak diangkut-angkut, karena bulan November kemarin sampah tersebut sudah kami angkut hingga B-Nol”, ujarnya.

Baca juga:  Pengamen Wanita di Jakbar Menganiaya Anak Viral, Saat Ditegur Malah Menantang dan Akhirnya Ditangkap

“Dan saya pun mempunyai bukti dokumentasinya”, tandas wawan.

Menjawab pertanyaan adanya pihak luar yang membuang sampah di TPS Pasar Kemirimuka, Wawan menyebutkan, bahwa pihaknya tidak mengetahui hal tersebut.

“Adanya pihak luar yang membuang sampah di TPS Kemirimuka, kami sama sekali tidak mengetahuinya, karena tugas kami dari pimpinan hanya mengangkut sampah saja, yang saya tahu, terkait hal itu yang menangani adalah Paguyuban Pasar”, tutupnya. (Emy)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait