website statistics
24.4 C
Indonesia
Sat, 20 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Saturday, 20 April 2024 | 1:58:04 WIB

Masa Jabatan Kepala Daerah di Jawa Barat Berakhir pada Tahun 2023, Ini Daftar Namanya

Jakarta | detikNews – Sejumlah kepala daerah di Jawa Barat akan mengakhiri masa jabatannya pada tahun 2023. Total terdapat 16 Kepala Daerah, termasuk Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang akan melepaskan jabatannya.

Asisten Daerah Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Jabar, Dedi Supandi, mengungkapkan bahwa masa jabatan Kepala Daerah yang akan berakhir dimulai dengan Kabupaten Bekasi pada tanggal 23 Mei 2023 mendatang.

Selanjutnya, Kepala Daerah lainnya akan berakhir secara berturut-turut pada bulan September, Oktober, November, dan Desember. Termasuk di antaranya jabatan Gubernur yang akan habis pada tanggal 5 September mendatang.

Baca juga:  Ridwan Kamil Resmikan Proyek Underpass Jalan Dewi Sartika Depok Senilai Rp.297,6 Miliar, Berharap Dapat Mengatasi Kemacetan Wilayah Jantung Kota

“Kabupaten Kota itu 15 ada yang selesai, bulan Mei satu orang, September 5 orang, Oktober satu orang, November satu orang dan Desember 6 orang dan kalau ditotal dengan Provinsi 16, karena Provinsi di bulan September selesai”, terang Dedi, Rabu (17/5/2023).

Dedi menjelaskan, bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mengusulkan tiga nama untuk menjadi Penjabat (Pj) Bupati atau Walikota yang masa jabatannya berakhir. Namun, keputusan akhir tetap berada di tangan Kementerian Dalam Negeri, termasuk juga usulan nama-nama Pj Bupati Bekasi.

“Habis bulan Mei sudah diajukan, yaitu Bekasi, tiga nama sampai saat ini hasil yang ditetapkan siapa belum turun dari kementeriannya”, ucapnya.

Baca juga:  Sebanyak Lima Warga Lebak Banten, Menjadi Korban Kebakaran Depo Pertamina

Sementara itu, untuk Kepala Daerah yang masa jabatannya berakhir pada bulan September 2023, Dedi menjelaskan, bahwa usulan akan diajukan pada bulan Agustus. Pengganti Gubernur nantinya akan diusulkan oleh DPRD Jabar.

“Usulannya DPRD Jabar sama aja tiga nama nanti caranya pola rapat konsultasi pimpinan dan menyerap dari fraksi – fraksi kira – kira tiga nama siapa bisa ke DPRD. Kalau berakhir September, data dari Kementerian dan Juni ini sudah ada pengajuan karena poses tidak hanya satu”, tandasnya.

Baca juga:  Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi Masih Menerima Gaji Meski Ditahan dalam Kasus Penggelapan Mobil Rental Mitsubishi Pajero Sport

Berikut ini adalah daftar lengkap 16 Kepala Daerah di Jawa Barat yang masa jabatannya akan berakhir :

  1. Kabupaten Bekasi – Selasa, 23 Mei 2023.
  2. Kota Cimahi – Minggu, 22 Oktober 2023.
  3. Kota Tasikmalaya – Selasa, 14 November 2023.
  4. Gubernur Jawa Barat – Selasa, 5 September 2023.
  5. Kota Bekasi – Rabu, 20 September 2023.
  6. Kota Bandung – Rabu, 20 September 2023.
  7. Kota Sukabumi – Rabu, 20 September 2023.
  8. Kabupaten Bandung Barat – Rabu, 20 September 2023.
  9. Kabupaten Sumedang – Rabu, 20 September.(Arf)
Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait