website statistics
22.4 C
Indonesia
Sat, 2 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Saturday, 2 March 2024 | 7:32:53 WIB

MDBP “Mewakili Pendapat Fraksi Demokrat” Menyerahkan RUU Usulan Insiatif

Reporter: Muh. Bahrun B

Luwu | detikNews – Anggota DPR RI, Muhammad Dhevy Bijak Pawindu,S.H, mewakili fraksi Demokrat (Komisi IV ) DPR RI mendorong percepatan penyusunan RUU tentang Perubahan atas UU Nomor 5 Tahun 1990 berkaitan Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem.

Devhy telah menyerahkan pendapat fraksi Demokrat, perhal RUU usulan Insiatif Komisi IV DPR RI, Kamis (7/6/2022).

Baca juga:  MDBP "Menyalurkan Bantuan Kepada Korban Bencana Angin Puting Beliung di Tana Kelahirannya"

Putra Sulung wakil Bupati Luwu, Syukur Bijak.,S.E, menegaskan penyusunan RUU ini diharapkan dapat menciptakan prinsip keadilan baik dari aspek lingkungan, masyarakat dan perusahaan sebagai pengelola sumber daya alam setempat.

Lanjut “seringkali masyarakat sekitar tidak merasakan adanya manfaat dari perubahan lingkungan tersebut. Kemudian ini menimbulkan potensi konflik akibat adanya munculnya tekanan. Berdasarkan prinsip ini, Komisi IV memikirkan ke depannya,” ucap Devhy saat membuka Rapat Dengar Pendapat Umum Komisi IV DPR RI dengan jajaran pemangku kepentingan konservasi.

Baca juga:  Pembunuh Ibu Anggota DPR RI Bambang Hermanto Diciduk Setelah Melarikan Diri ke Bandung

Selain itu,dirinya (MDBP), menekankan bahwa keadilan ekonomi juga harus turut hadir dalam penyusunan RUU tersebut. Hal ini menjadi penting karena kerusakan ekosistem pada sebuah wilayah seringkali disebabkan oleh kefrustasian masyarakat dan lingkungannya yang bersumber dari masalah ekonomi,” ucapnya.

Sebelum mengakhiri pembicaraan dengan awak Media detikNews.Co.id, MDBP juga menyampaikan bahwa Kami ingin kalau pendapatan pada sebuah wilayah yang memiliki dampak perubahan lingkungan, maka masyarakat lingkunganlah yang paling pertama merasakan efek ekonominya,pendidikan, perumahan, sarana dan prasarana, ini yang menjadi concern kita bersama,” tutup politisi Partai Demokrat. (mb)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait