website statistics
27.4 C
Indonesia
Wed, 19 June 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.4 C
Indonesia
Wednesday, 19 June 2024 | 17:31:18 WIB

Media Gathering Bahas Soal PPS, Simak Selengkapnya ini Kata Kepala KPP Pratama Kupang

Reporter: Arifin

Kupang | detikNews – Puluhan Wartawan dari berbagai media baik cetak elektronik maupun media online mengikuti kegiatan Media Gathering yang di gelar oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kupang,(KPP – Pratama Kupang) di Bondi Cafe, kawasan Kelapa Lima Kota Kupang, pada Kamis (2/6/2022).

Kegiatan diawali oleh Pemaparan materi tentang Program Pengungkapan Sukarela (PPS) yang disampaikan langsung oleh Kepala KPP Pratama Kupang, Ni Dewa Agung Ayu Sri Liana Dewi.

Orang nomor satu di KPP Pratama Kupang ini didepan para awak media yang hadir, mejelaskan mulai dari kinerja KPP Pratama Kupang yang meliputi, secara Urgensi Pajak merupakan sumber terbesar penerimaan Negara, kepatuhan sukarela sebagai tulang punggung self assessment system’.

Baca juga:  Pengukuhan Dan Bimtek Capacity Building Skill Development Centre

Keterbatasan, diakuinya bahwa Resource, kondisi geografis dan SDM yang terbatas belum dapat mengontrol secara keseluruhan para wajib pajak (WP).

Regulasi, yang bersifat dinamis disesuaikan dengan perkembangan zaman yang kemudian bisa memberi keadilan, kepastian hukum, kesederhanaan dan dukungan untuk peningkatan penerimaan pajak.

Wanita tangguh yang akrab disapa Ibu Ayu ini lantas juga menjelaskan tentang berapa pentingnya peran media sebagai mitra strategis Direktorat Jenderal Pajak (djp)
Media sebagai jembatan informasi, penyambung lidah, sarana sosialisasi kebijakan, sarana Transparansi dan keterbukaan informasi publik serta sebagai pembentuk persepsi publik.

Baca juga:  Ketua TTKKDH DPC Gunung Kaler Serta Pengurus Ranting TTKKDH Desa Kedung Hadir Dalam Rangka Silaturahmi dan Melestarikan Seni Budaya Banten

” Jadi saya pikir yang terpenting adalah kesadaran dari para wajib pajak, hal ini penting dalam sistem perpajakan modern, karena jika para wajib pajak memahami peran dan kewajibannya, maka tentu dapat mendukung pembiayaan pembangunan demi kepentingan umum ” ungkap Ibu Ayu.

Khusus tentang PPS dirinya menghimbau agar para wajib pajak memanfaatkan sisa waktu yang ada, karena batas terakhir adalah akhir bulan Juni mendatang.

Sebelum mengakhiri pemaparannya Ibu Ayu, mewakili KPP Pratama Kupang, juga menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi kepada para awak media, atas dukungan dan sinerginya selama ini, dalam penyebarluasan informasi perpajakan kepada masyarakat.

kemudian dilanjutkan pemaparan materi oleh Fungsional Penyuluh Pajak, Jupiter Heidelberg Siburian tidak berbeda dengan Kepala KPP Pratama Kupang, Jupiter memaparkan tentang PPS secara lugas. kemudian diberikan kesempatan kepada para wartawan yang hadir untuk menghidupkan suasana dalam sesi tanya jawab, tim KPP Pratama Kupang juga menyiapkan dorprize bagi yang berhasil menjawab pertanyaan dari tim KPP Pratama Kupang dengan benar.

Baca juga:  Dalam Rangka HUT Golkar ke-58 DPD Golkar Luwu Mengadakan Gerak Jalan Sehat

Terakhir Kepala Seksi Pemeriksaan, Penilaian dan Penagihan, I Wayan Agus Eka, juga menyampaikan tentang keterkaitan antara pajak dan dampak hukum yang mungkin bisa terjadi bila para wajib pajak dengan sengaja menutupi dan sengaja tidak melaporkan serta memenuhi kewajibannya sebagai wajib pajak. (Arifin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait