25.4 C
Indonesia
Sen, 28 November 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Senin, 28 November 2022 | 8:28:39 WIB

Media Gathering Bahas Soal PPS, Simak Selengkapnya ini Kata Kepala KPP Pratama Kupang

Reporter: Arifin

Kupang | detikNews – Puluhan Wartawan dari berbagai media baik cetak elektronik maupun media online mengikuti kegiatan Media Gathering yang di gelar oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kupang,(KPP – Pratama Kupang) di Bondi Cafe, kawasan Kelapa Lima Kota Kupang, pada Kamis (2/6/2022).

Kegiatan diawali oleh Pemaparan materi tentang Program Pengungkapan Sukarela (PPS) yang disampaikan langsung oleh Kepala KPP Pratama Kupang, Ni Dewa Agung Ayu Sri Liana Dewi.

Orang nomor satu di KPP Pratama Kupang ini didepan para awak media yang hadir, mejelaskan mulai dari kinerja KPP Pratama Kupang yang meliputi, secara Urgensi Pajak merupakan sumber terbesar penerimaan Negara, kepatuhan sukarela sebagai tulang punggung self assessment system’.

Baca juga:  Sat Sabhara Polres Toba Giat Pembagian Masker dengan Himbauan Tetap Terapkan Prokes 

Keterbatasan, diakuinya bahwa Resource, kondisi geografis dan SDM yang terbatas belum dapat mengontrol secara keseluruhan para wajib pajak (WP).

Regulasi, yang bersifat dinamis disesuaikan dengan perkembangan zaman yang kemudian bisa memberi keadilan, kepastian hukum, kesederhanaan dan dukungan untuk peningkatan penerimaan pajak.

Wanita tangguh yang akrab disapa Ibu Ayu ini lantas juga menjelaskan tentang berapa pentingnya peran media sebagai mitra strategis Direktorat Jenderal Pajak (djp)
Media sebagai jembatan informasi, penyambung lidah, sarana sosialisasi kebijakan, sarana Transparansi dan keterbukaan informasi publik serta sebagai pembentuk persepsi publik.

Baca juga:  Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Pada Anak Usia 6-11 Tahun Serempak di Sekolah Dasar, di Wilayah Desa Kasiyan Timur Kecamatan Puger Kabupaten Jember

” Jadi saya pikir yang terpenting adalah kesadaran dari para wajib pajak, hal ini penting dalam sistem perpajakan modern, karena jika para wajib pajak memahami peran dan kewajibannya, maka tentu dapat mendukung pembiayaan pembangunan demi kepentingan umum ” ungkap Ibu Ayu.

Khusus tentang PPS dirinya menghimbau agar para wajib pajak memanfaatkan sisa waktu yang ada, karena batas terakhir adalah akhir bulan Juni mendatang.

Sebelum mengakhiri pemaparannya Ibu Ayu, mewakili KPP Pratama Kupang, juga menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi kepada para awak media, atas dukungan dan sinerginya selama ini, dalam penyebarluasan informasi perpajakan kepada masyarakat.

kemudian dilanjutkan pemaparan materi oleh Fungsional Penyuluh Pajak, Jupiter Heidelberg Siburian tidak berbeda dengan Kepala KPP Pratama Kupang, Jupiter memaparkan tentang PPS secara lugas. kemudian diberikan kesempatan kepada para wartawan yang hadir untuk menghidupkan suasana dalam sesi tanya jawab, tim KPP Pratama Kupang juga menyiapkan dorprize bagi yang berhasil menjawab pertanyaan dari tim KPP Pratama Kupang dengan benar.

Baca juga:  Ketua KB FKPPI Asahan : Jadikan Momentum Hari Pahlawan Sebagai Tonggak Sejarah Kemerdekaan RI

Terakhir Kepala Seksi Pemeriksaan, Penilaian dan Penagihan, I Wayan Agus Eka, juga menyampaikan tentang keterkaitan antara pajak dan dampak hukum yang mungkin bisa terjadi bila para wajib pajak dengan sengaja menutupi dan sengaja tidak melaporkan serta memenuhi kewajibannya sebagai wajib pajak. (Arifin)

Komentar

-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img

Berita Terpopuler

Sitialimah Aceh Meminta Perlindungan Hukum di Polres Nias

Nias, Gerbang Indonesia - Terjadi pengancaman atas diri Sitialimah Aceh yang dilakukan oleh sekelompok oknum keluarga TBN LS bersama dangan kawan-kawannya pada hari Sabtu...

Saat Perbaiki Mesin, Kernet Truk Ditabrak di Tol Jakarta Tangerang

Reporter: Sawijan Jakarta | detikNews.co.id - Disaat memperbaiki truknya yang mogok kernet truk berinisial HDR meninggal dunia di Jalan Tol Jakarta-Tangerang Km 04.300 pada Selasa...

Pj Walikota Dukung Komitmen Akreditasi RSUD Kumpulan Pane

Reporter: J. Saragih Tebing Tinggi| detikNews - Pemerintah Kota bersama jajaran UPTD RSUD dr H. Kumpulan Pane Tebing Tinggi mendeklarasikan komitmen Akreditasi demi upaya mewujutkan...

Riswanto Tukang Becak, Kini Jadi Juragan Buah

Pemalang | detikNews - Adalah Riswanto seorang lelaki berusia 30 tahun, warga Kaligelang, Kecamatan Taman, Pemalang Jawa Tengah. Seorang yang mengalami pasang surutnya kehidupan,...

Penganiaya Ibu Rumah Tangga di Tarutung, berhasil Diringkus Sat Reskrim Polres Taput

Tapanuli Utara, Gerbang Indonesia - Setelah lima hari melarikan diri, tersangka penganiaya seorang ibu rumah tangga atas nama korban Stevy Simanjuntak ( 30 )...

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Desa Bontonyeleng

Reporter: Wahyudi Bulukumba | Gerbang Indonesia - Hujan deras disertai angin kencang menerjang beberapa titik di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), Tak terkecuali di Desa...
-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img
Berita terbaru