website statistics
21.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 8:02:45 WIB

Melangkah Maju: Ekowisata di Indonesia Fokus pada Pelestarian Lingkungan

Jakarta | detikNews – Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat (Rerie) memperjuangkan pengembangan pariwisata yang berfokus pada alam dan lingkungan, yaitu Nature, Eco-tourism, Wellness tourism, dan Adventure tourism (NEWA). Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung dan sekaligus melestarikan lingkungan di berbagai kawasan wisata di Indonesia.

“Dalam tren pariwisata pasca pandemi, kita melihat konsep berwisata yang sangat memperhatikan kelestarian alam dan lingkungan sekitarnya, dengan keamanan dan risiko yang lebih rendah karena jauh dari keramaian,” ujar Rerie dalam pernyataannya pada Selasa (6/6/2023).

Baca juga:  Berkas Perkara Si Kembar: Langkah Baru Kasus Penipuan, Kini Menuju Kejaksaan

Rerie menjelaskan bahwa Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan wisman pada kuartal pertama tahun 2023 mencapai 2,5 juta kunjungan. Angka ini meningkat sebesar 508,87% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Di sisi lain, berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, jumlah kunjungan wisata alam ke kawasan konservasi pada tahun 2022 mencapai total 5,29 juta orang, hampir dua kali lipat dibandingkan dengan tahun 2021. Jumlah kunjungan ini terdiri dari wisman dan wisatawan lokal.

Baca juga:  Kekurangan Pasokan Air Bersih dan PJU Mati, Warga Poponcol Berharap Bantuan dari Pemkab

Rerie menyatakan bahwa potensi ekowisata yang diminati oleh wisatawan, baik mancanegara maupun lokal, harus terus didorong. Dengan demikian, sektor ekowisata di Indonesia dapat menjadi lebih berkualitas dan memberikan dampak positif bagi pembangunan pariwisata di Indonesia.

Selain itu, Rerie juga mendorong para pemangku kebijakan di tingkat pusat dan daerah untuk terus memprioritaskan aspek pelestarian lingkungan dalam pengembangan kawasan wisata yang diminati oleh wisatawan.

“Selain itu, pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan wisata juga harus konsisten dilakukan agar mampu mengimbangi perkembangan yang terjadi di lingkungan tempat tinggal mereka,” ungkapnya.

Baca juga:  Tiket Gratis ke Ancol Spesial HUT Jakarta 2023: Syarat dan Caranya Mendapatkan Promonya

Sebagai anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah, Rerie menekankan pentingnya keselarasan antara perkembangan ekonomi dan sosial masyarakat berdasarkan pembangunan sektor ekowisata di berbagai daerah. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemerataan pembangunan di Indonesia.

Rerie berharap bahwa berbagai potensi di berbagai sektor yang dimiliki oleh Indonesia dapat segera dioptimalkan untuk mempercepat pencapaian target-target pembangunan dan menciptakan kemakmuran bagi masyarakat.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait