website statistics
23.4 C
Indonesia
Fri, 26 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Friday, 26 April 2024 | 1:01:48 WIB

Memanfaatkan Ruang Terbuka sebagai Sarana Pemasaran, Dekranasda Karanganyar Berupaya Meniru Kesuksesan Depok

Depok | detikNews – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Karanganyar melakukan kunjungan ke Dekranasda Kota Depok pada Senin (13/03/23). Kunjungan mereka bertujuan untuk melihat pengrajin dan belajar tentang program yang sedang berjalan.

Ketua Dekranasda Kabupaten Karanganyar, Siti Khomsiyah mengatakan, tujuan mereka berkunjung ke Depok adalah untuk melihat bagaimana ruang terbuka bisa dimanfaatkan sebagai tempat pameran untuk kepentingan pemasaran. Dia menyebutkan, Kota Depok bisa memanfaatkan ruang terbuka di pelataran gedung Dekranasda sebagai sarana untuk memamerkan produk-produk milik Usaha Kecil Menengah (UKM). Ini adalah sesuatu yang belum dilakukan di Karanganyar, di mana semua pameran diadakan di ruang tertutup, seperti ruang pertemuan atau pusat perbelanjaan.

Baca juga:  Pantau Progres Pembangunan Pasar Induk Jambu Dua Bogor, Walikota Ungkapkan Ini

“Itu yang akan kita tiru, menggelar pameran di ruang terbuka pada Jumat, Sabtu, dan Minggu untuk menarik minat masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkannya, pengrajin di Kota Depok juga sangat kreatif. Hal ini terlihat dari produk-produk yang dibuat dari sisa kain atau sisa pakaian, seperti penutup kotak tisu.

“Karena di Karanganyar banyak penjahit, saya sarankan mereka bisa melakukan apa yang dilakukan pengrajin di Kota Depok agar bisa mendapat tambahan penghasilan dari sobekan kain,” ujarnya.

Baca juga:  MDBP Melaksanakan Kunjungan Kerja di UPT Pelabuhan Donggala Provinsi Sulteng

“Mudah-mudahan setelah berkunjung ke sini, UKM di Karanganyar bisa berkreasi seperti yang dilakukan di Kota Depok,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok, Zamrowi menambahkan, Dekranasda Kabupaten Karanganyar tertarik mengunjungi Kota Depok karena aktif di media sosial dan kegiatannya yang terorganisir.

Selain itu, Dekranasda Kabupaten Karanganyar terkesan bahwa semua UKM di Depok merupakan bagian dari asosiasi atau komunitas bisnis.

Baca juga:  Bazar Ramadan 1444 Hijriah: Beragam Produk UMKM di Balai Kota Depok

Lebih lanjut Zamrowi menyebutkan, sejak mencanangkan sinergi dan kolaborasi masyarakat, UKM berinisiatif melakukan berbagai kegiatan. Mereka memanfaatkan ruang yang tersedia, seperti gedung Dekranasda dan stan pameran di Alun-Alun Kota, untuk menggelar workshop.

“Kami hanya mendukung penyebaran informasi melalui media sosial,” katanya.

“Hal ini membuat kami bangga karena UKM di Depok kini sudah mandiri dan tidak lagi hanya mengandalkan Pemerintah,” pungkasnya. (Roni)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait