website statistics
22.4 C
Indonesia
Wed, 24 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Wednesday, 24 April 2024 | 7:08:04 WIB

Mendikbud Ristek Nadiem Soal Hadirnya 400 Orang di Kementeriannya yang Disebut Sebagai Tim Bayangan

Reporter: Sawijan

Jakarta | detikNews – Nadiem Anwar Makariem Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) soal hadirnya 400 orang di kementeriannya yang disebut sebagai tim bayangan.

Nadiem menampik jika mereka hadir untuk memberi kesan negatif. Justru sebaliknya, kehadiran mereka untuk kemajuan kementerian yang dikomandoinya melalui teknologi.

Nadiem menerangkan Apa inovasi dari Kemdikbud Ristek, kenapa kok bisa terjadi begitu banyak anak muda mau ingin bergabung ke dalam govtech edu tersebut untuk membangun produk ini? Itu adalah karena inovasi budaya dalam Kemdikbud yang walaupun mereka vendor, mereka tidak diperlakukan sebagai vendor,” tututnya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (26/9).

Nadiem memastikan, keputusan terkait tindak-tanduk kebijakan semua masih ada dalam dalam pengawasan direktorat terkait. Artinya, anggapan bahwa mereka memegang kendali penuh atas seluruh direktorat di Kemdibud Ristek adalah salah.

Baca juga:  Trophy Gubernur Jawa Timur Semarakkan Kontes Batu Akik/Permata Skala Nasional di Pasar Batu Mulia/Akik Surabaya

Nadiem menjelaskan ,Semua keputusan ada di dalam dirjen, baik dirjen maupun direktur melihat dan bekerja sama dengan mereka, dengan filsafat kemitraan, gotong royong dan itulah yang ingin dipelajari negara-negara lain bagaimana kita bisa menciptakan suatu kapasitas yang baru.

Nadiem juga mengakui, 400 orang dalam tim bayangan ini merupakan aspirasi pribadinya sebagai menteri. Tujuannya, semata demi kerja sama yang ke depan bisa diterapkan di setiap jenjang kedinasan.

Nadiem mengatakan “Saya ingin mengucapkan sekali lagi bahwa ini adalah aspirasi saya sebagai pemimpin. Harapan besar saya adalah kami bisa sharing ini ke pemda dan kementerian lain sehingga nantinya, bayangkan jika semua kementerian punya tim teknologi yang bisa bekerja sama sebagai mitra meluncurkan berbagai macam aplikasi gratis untuk masyarakat Indonesia meningkatkan kualitas pendidikan.ungkapnya.

Baca juga:  Legislator Soroti Siswa SD di Luwu yang Harus Naik Rakit ke Sekolah, Pemda Diberi Kritik

Nadiem sebelumnya mengaku memiliki 400 orang yang tergabung dalam organisasi bayangan. Menurutnya mereka tidak masuk dalam struktur birokrasi. Namun melekat dengan Kemendikbud Ristek, bahkan turut mendesain produk-produk yang dihasilkan kementerian.

Kami sekarang memiliki 400 manajer produk, insinyur perangkat lunak, ilmuwan data yang bekerja sebagai tim yang melekat untuk kementerian,” keterangan Nadiem dalam video yang diunggah di Instagram @nadiemmakarim pada Rabu (21/9).

Baca juga:  Sambut Hari Kemerdekaan, Ketua Umum YLBH Cakrawala Keadilan Indonesia: Anggota Pahami Makna Kemerdekaan

Nadiem mengatakan setiap produk manager dan ketua tim posisinya hampir setara dengan direktur jenderal yang beberapa hadir di sini.

Pernyataan itu dia ungkapkan dalam rangkaian agenda United Nations Transforming Education Summit di markas besar Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Nadiem mengatakan bagaimana tim tersebut bekerja. Biasanya, Kemendikbudristek akan menyampaikan arahan kepada tim. Lalu, tim akan melakukan pengecekan dan validasi.

Nadien menjelaskan”Mereka diposisikan sebagai rekan bertukar pikiran dalam mendesain produk kami.

Kementerian akan menyampaikan arahan kepada mereka dan tim produk akan mengatakan ‘Sebentar kami akan cek dulu ke para guru dan melakukan survei untuk memvalidasi yang kami kerjakan’,” katanya.

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait