website statistics
23.4 C
Indonesia
Fri, 26 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Friday, 26 April 2024 | 0:02:13 WIB

Mendukung Persatuan Bangsa: Wakil Ketua MPR Mendorong Anak Muda untuk Memperkuat NKRI

Jakarta | detikNews – Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, menekankan pentingnya peran generasi muda dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Menurutnya, keterlibatan kaum muda dapat membantu membangun pondasi yang kuat untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Dalam pembentukan negara kita, pemuda memainkan peran penting dengan terbentuknya Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928, yang menjadi landasan bagi NKRI,” ungkap Lestari Moerdijat dalam pernyataannya pada hari Selasa (16/5/2023).

Lestari, yang akrab dipanggil Rerie, menyampaikan hal tersebut saat menerima kunjungan dari 275 siswa-siswi Sekolah HighScope Indonesia Program Sekolah Menengah Atas (SMA) di Gedung DPR/MPR Senayan, Jakarta Pusat, pada tanggal yang sama.

Baca juga:  Mewujudkan Pencegahan Kekerasan Seksual: Waket MPR Meminta UU TPKS Diterapkan dengan Cepat

Dalam kaitannya, Rerie mengutip laporan Pemuda PBB yang menyebutkan bahwa saat ini terdapat sekitar 1,2 miliar anak muda berusia 15 hingga 24 tahun di seluruh dunia. Jumlah ini menyumbang sekitar 16% dari total populasi global.

Rerie juga menambahkan data dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Badan Pusat Statistik (BPS) per Maret 2022, yang mencatat bahwa penduduk Indonesia yang masuk dalam kategori pemuda berjumlah sekitar 68,82 juta jiwa, atau sekitar 24% dari total penduduk.

Baca juga:  Ketua DPR RI, Puan Maharani, Menerima Kunjungan Presiden Iran, Seyyed Ebrahim Raisi, dan Mendorong Peningkatan Kerja Sama Ekonomi serta Iptek

Menurut Lestari, dengan adanya jumlah pemuda yang signifikan saat ini, semangat persatuan yang ditunjukkan oleh para pemuda di masa lalu harus terus diperkuat dan diwujudkan. Ia meyakini bahwa masa depan bangsa dan negara kita ditentukan oleh para pemuda.

Dalam kesempatan tersebut, Rerie juga mendorong generasi muda untuk terlibat dalam dunia politik. Tujuannya adalah untuk mengubah citra politisi yang seringkali dianggap negatif oleh masyarakat. Menurutnya, jika orang-orang baik tidak terlibat dalam politik, maka dunia politik akan diisi oleh mereka yang tidak dapat menjalankan tugas dengan amanah.

Baca juga:  Banyak Alumni Program Magang Jepang Sukses Menjadi Pengusaha Muda Menurut Menaker Ida Fauziyah

“Teruslah mempertahankan semangat untuk memperkuat NKRI,” pesan Rerie.

Selain itu, acara tersebut dihadiri oleh Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi NasDem, M. Farhan, dan Wakil Ketua Kajian Komisi Ketatanegaraan MPR RI, Dossy Iskandar Prasetyo, yang juga ikut dalam sosialisasi mengenai tugas dan wewenang parlemen serta peran wakil rakyat dalam sistem ketatanegaraan Indonesia.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait