website statistics
22.4 C
Indonesia
Sat, 2 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Saturday, 2 March 2024 | 7:25:59 WIB

Menghadapi Bulan Puasa, Polda Metro Jaya dan Polres di Jakarta dan Depok Melakukan Penindakan Terhadap 25 Pelaku Kejahatan Jalanan

Jakarta | detikNews – Polda Metro Jaya dan kepolisian meningkatkan kegiatan rutin jelang Ramadan. Polisi menindak bandit jalanan yang telah menyebabkan keresahan di masyarakat.

Salah satu kerawanan yang menjadi sorotan Polda Metro Jaya dan jajarannya jelang puasa adalah kasus 3C, yakni pencurian kendaraan bermotor (curanmor), perampokan dengan kekerasan (curas), dan pencurian berat (curat).

Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, Kabid Humas Polda Metro Jaya mengatakan, penertiban ini dilakukan untuk menciptakan situasi keamanan yang kondusif jelang Ramadhan mendatang.

“Tentu kami berharap di bulan suci Ramadan ini kita dapat melakukan langkah-langkah tersebut agar masyarakat dapat menjalankan ibadahnya dengan tenang dan aman,” kata Trunoyudo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (16/3/2023).

Baca juga:  Pemkot Depok Kerahkan Satgas DPUPR Bersihkan Sampah di Kali Cabang Barat

Selain tindakan represif terhadap koruptor jalanan, Polda Metro Jaya juga melakukan tindakan preventif. Salah satunya adalah program “RW Polisi” yang sedang disosialisasikan ke seluruh masyarakat.

“Seperti yang kita ketahui, ada program Polda Metro Jaya seperti RW Polsek, dan juga ada Presisi Pioneer Patrol dalam upaya preemtif dan preventif pencegahan tindak kejahatan,” terangnya.

Baca juga:  Demo Menuntut Pencabutan UU Cipta Kerja di Depan Gedung DPR : Libatkan Pengamanan 1400 Personel Kepolisian

Dalam upaya menindak koruptor jalanan, Polda Metro Jaya telah menangkap puluhan tersangka curanmor. Dari total 25 tersangka yang ditangkap, 12 merupakan pelaku berulang.

“Tersangka ada 25 orang, dan 12 di antaranya adalah pelaku berulang,” kata Trunoyudo.

Trunoyudo menjelaskan, hal itu dicapai melalui peningkatan operasi rutin yang berlangsung dari Januari hingga Maret 2023.

Ada 16 laporan polisi (LP) terkait curanmor yang diterima Polda Metro Jaya selama periode itu.

“Barang bukti yang disita dari tindak pidana tersebut antara lain satu mobil, 30 sepeda motor, senjata tajam, dan satu senjata api rakitan,” kata Trunoyudo.

Baca juga:  Kedua Tersangka Perampok dan Pemerkosa Showroom Cibubur, Diciduk oleh Polda Metro Jaya

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Polda Metro Jaya, Kompol Yuliansyah mengimbau siapa pun yang kehilangan kendaraan bermotor untuk segera menghubungi polisi atau menghubungi call center Subdivisi Ranmor di 0821-2339-4642.

“Kepada masyarakat yang mengalami kehilangan kendaraan atau mengalami kejadian di Jakarta, khususnya di wilayah Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Bekasi, dan Depok dapat menghubungi kami di call center Subdivisi Ranmor di 0821-2339- 4642,” kata Yuliansyah. (Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait