website statistics
21.4 C
Indonesia
Fri, 29 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Friday, 29 March 2024 | 4:00:24 WIB

Meningkatkan Ekonomi Lokal Surabaya: Wali Kota Eri Bermitra dengan Desainer untuk Mendorong Penggunaan Produk UMKM oleh ASN dan Masyarakat

Surabaya ] detikNews – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Surabaya semakin berkembang pesat berkat peran aktif Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Pemkot Surabaya memberikan perhatian, pendampingan, hingga perlindungan aset atau karya produk UMKM dari pembajakan pihak yang tidak memasok.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, menginstruksikan seluruh pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai di lingkungan Pemkot Surabaya untuk menggunakan produk UMKM Kota Pahlawan. Ia bahkan selalu mengenakan berbagai produk UMKM selama bertugas.

Baca juga:  Kebakaran Heboh di Asrama Polri: Kasur Bekas Terbakar, Respons Cepat 20 Petugas Damkar

Pemkot Surabaya menggandeng desainer untuk menciptakan dan mengembangkan inovasi dari produk para pelaku UMKM. “Kami menggandeng 14 desainer UMKM Surabaya yang berkolaborasi dengan 16 pembatik Surabaya untuk menciptakan delapan motif batik Surabaya atau yang dikenal sebagai Batik Suroboyo,” tuturnya.

Pemkot Surabaya juga berkomitmen untuk terus mendampingi para UMKM agar bisa menembus pasar internasional dan meningkatkan produktivitas melalui pendampingan yang nyata. “Belanja APBD Kota Surabaya untuk sektor usaha mikro dan kecil (UMK) dan produk dalam negeri (PDN) tercatat sebagai yang terbesar se-Indonesia, dengan belanja APBD Surabaya untuk UMK per 25 November 2022 mencapai Rp1,2 triliun, dan belanja untuk PDN mencapai Rp1,7 triliun,” bebernya.

Baca juga:  Isu Ijazah Palsu Jokowi Mencuat "Dibungkam" Rektor UGM, Penggugat Serang Balik Gibran

Pemkot Surabaya juga meluncurkan e-commerce pemerintahan pertama di Indonesia, yaitu e-Peken Surabaya. Pada aplikasi ini, pedagang kelontong menyediakan berbagai kebutuhan pokok. Konsumen tetapnya adalah para ASN Pemkot Surabaya yang diwajibkan membeli semua kebutuhan pokoknya dari aplikasi e-Peken tersebut.

“E-Peken  sudah dibuka untuk umum, sehingga semua orang bisa ikut berbelanja di e-commerce tersebut,” ucap Walikota.

Baca juga:  Kiat-Kiat Berbisnis Dari Wakil Walikota Depok: Lima Kunci Sukses di Dunia Bisnis

Pemerintah Surabaya mendorong semua pihak untuk menggunakan produk UMKM sebagai bentuk dukungan dan pembimbingan bagi UMKM. Dengan berbagai upaya tersebut, diharapkan UMKM di Kota Surabaya dapat terus tumbuh dan berkembang, serta mampu berkontribusi dalam mengurangi kemiskinan penduduk. (AZ)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait