website statistics
22.4 C
Indonesia
Fri, 29 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Friday, 29 March 2024 | 18:58:38 WIB

Meningkatkan Potensi Lokal: 150 Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Mengikuti Program Jabar Juara

Sukabumi | detikNews – Pada 3 Mei 2023 kemarin, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) dan UMKM Jabar Juara meluncurkan program UMKM Juara bekerja sama dengan kantor Bank BJB di Sukabumi. Acara tersebut dihadiri Walikota, Achmad Fahmi, dan 90 pemilik usaha UMKM.

Acara Kick Off Juara Jabar Juara memiliki tema “Go Digital, Go Modern, Go Global” dengan tujuan membantu para pelaku usaha UMKM memanfaatkan kemajuan digital untuk memperluas jangkauan pasarnya. Program tersebut memiliki beberapa fokus area, antara lain legalitas, literasi keuangan, digitalisasi, akses pendanaan, dan pemasaran.

Baca juga:  Pergolakan Tragis: Penemuan Tubuh Jutawan Kripto Argentina, Fernando Algaba, Membuat Dunia Kripto Geger

Walikota berharap program tersebut dapat mempercepat pertumbuhan usaha UMKM, dengan dukungan para koordinator dan pendamping, serta berkontribusi dalam penguatan perekonomian daerah.

“Saya berharap melalui program ini, para pelaku usaha UMKM dapat naik ke level berikutnya dan berhasil, memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi daerah kita,” ujar Achmad Fahmi, di kutip laman resmi Pemerintah Kota sukabumi, Jumat (05/05/2023)

Baca juga:  Arthur Hayes, Mantan CEO Bitmex, Meramalkan Penguatan Harga Bitcoin di Dua Kuartal Akhir 2023

Sementara itu, Koordinator UMKM Jabar Juara Kota Sukabumi, Sri Puji Rahayu,  mengatakan, tahun ini ada sekitar 150 pelaku usaha UMKM  yang mengikuti program tersebut. Ia menambahkan, salah satu tantangan utama yang dihadapi peserta program adalah memperoleh izin yang diperlukan.

“Ada empat indikator utama yang perlu diperhatikan oleh peserta, mulai dari legalitas. Persyaratan pertama dan utama adalah NIB. Tahun ini, kami mengidentifikasi bahwa hampir 70% peserta tidak memiliki NIB. Tugas utama kami sebagai mentor adalah untuk membantu mereka mendapatkan NIB RBI,” jelas Rahayu.

Baca juga:  Melihat Performa CEL Coin: Token yang Dimiliki oleh Bursa Cryptocurrency Celsius Network

Program UMKM Juara memberikan dukungan dan bimbingan kepada pemilik usaha UMKM, membantu mereka mengatasi tantangan dan mengembangkan usahanya. Melalui program ini, Diskumindag dan UMKM Jabar Juara bertujuan memperkuat sektor UMKM dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah. (RN)

 

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait