website statistics
27.4 C
Indonesia
Wed, 19 June 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.4 C
Indonesia
Wednesday, 19 June 2024 | 18:27:09 WIB

Menpora: Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Reporter: Sawijan

Jakarta | detikNews.co.id – (MENPORA) Menteri Pemuda dan Olahraga (MENPORA) RI Zainudin Amali meminta Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mempertimbangkan pengajuan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia di (2023).

Jarak waktu antara Piala Asia 2023 dengan Piala Dunia U-20 2023 yang hanya lima hari memungkinkan Indonesia menggelar dua kompetisi prestisius tersebut. ujar Zainudin.

Zainudin mengungkapkan semoga (AFC ) mempertimbangan karena selisih waktu tidak sampai sebulan. Sehingga infrastrukturnya masih ada, SDM-nya juga masih ada. Seharusnya itu bisa menjadi pertimbangan.

Juga menyampaikan PSSI sudah berkoordinasi dengan pemerintah soal keinginan menjadi tuan rumah Piala Asia pada (2023). Melalui Kemenpora pemerintah mendukung langkah PSSI yang ingin menggelar dua kejuaraan tersebut.

Baca juga:  Kejuaraan POPDA dan Peparda Jabar 2023, Ini Target Rayi M Radiansyah untuk Kota Depok

Ujar Zainudin,” sudah soal itu, pesaing kita memang cukup berat terutama yang terakhir, Qatar.

PSSI resmi mengajukan proposal menjadi tuan rumah Piala Asia (2023) Pada sebelumnya setelah mendapat restu dari Pemerintah Indonesia.

Setelah berkoordinasi dengan pemerintah, dalam hal ini Kemenpora, akhirnya PSSI resmi mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia (2023).

PSSI pun mengucapkan terima kasih terhadap pemerintah dalam hal Menpora Zainudin Amali yang telah memberikan dukungan,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan beberapa waktu lalu.

Baca juga:  Jokowi Mengecam Keterlambatan Indonesia dalam Membangun Transportasi Publik yang Menyebabkan Kemacetan di Seluruh Kota

PSSI telah mengirim semua persyaratan kepada (AFC) perihal pengajuan menjadi tuan rumah Piala Asia pada (2023).

Negara Indonesia merupakan negara yang kelima resmi menyatakan keinginannya menjadi tuan rumah Piala Asia (2023) setelah (Korsel) Korea Selatan, Jepang, Australia, dan juga Qatar.

Pada Piala Asia (2023) akan berlangsung (16/6/2023) hingga (16/7/2023) atau hanya terpaut lima hari dari Piala Dunia (U-20) yang akan dimulai pada (20/5/2023) hingga (11/6/2023).

Baca juga:  Menurut Carragher, PSG Bukanlah Tim Melainkan Kumpulan Kekacauan

Piala Asia 2023 sempat direncanakan berlangsung di China. Tetapi China mengundurkan diri lantaran masih fokus dalam penanganan pandemi Covid-19.

Lalu AFC pun menawarkan kesempatan terhadap 24 negara yang sudah lolos ke Piala Asia (2023) untuk mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah.

Batas pengajuan proposal untuk menjadi tuan rumah Piala Asia adalah pada (25/7) mendatang.

Indonesia pernah menjadi tuan rumah Piala Asia 15 tahun silam. Ketika ada empat negara yang menjadi tuan rumah Piala Asia (2007) yakni Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan juga Thailand. (sw)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait