website statistics
24.4 C
Indonesia
Wed, 24 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Wednesday, 24 April 2024 | 9:14:37 WIB

Minggu Adalah Hari Krusial Bagi Petani Karet di Pedataran

Laporan: Rumba

Muara Enim | detikNews – Bagi Petani karet biasanya ada hari-hari tertentu yang dianggap krusial untuk mendapatkan Getah Latek yang lebih banyak. Begitu juga Petani karet di Desa Pedataran, Kecamatan Gelumbang, Muara Enim khususnya.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab hari minggu bagi Petani karet Pedataran menjadi hari krusial untuk memperoleh getah latek lebih banyak. Karena pada hari Senin besoknya di Desa tersebut akan diadakan pembelian Getah Latek oleh para juragan-juragan karet atau yang biasa disebut toke getah, baik dari Desa Pedataran sendiri atau pun dari luar Desa.

Baca juga:  BKPSDM Kota Bandung, Membangun ASN Berkompetensi dan Mengapresiasi Prestasi Terbaik

“Mau tidak mau, suka tidak suka pada hari minggu kami akan ke kebun demi mendapatkan getah latek,” ujar Gunta (64), Petani karet Pedataran kala dibincangi awak Media. Minggu, (20/03/2022).

Menurutnya, umumnya masyarakat Pedataran adalah Petani karet. Tapi tentu, sama halnya dengan Desa lain ada juga masyarakat yang berprofesi sebagai Aparat Sipil Negara (ASN), seperti Guru, TNI dan Polri, ada juga Pedagang dan lain-lain.

Baca juga:  Ingin Perubahan, Coblos Heri Pransisco Nomor Urut 3

“Jadi jangan aneh jika pada pagi hari Desa kami terasa sunyi, karena masyarakat melakukan aktivitas sebagai Petani karet. Nah, jika pukul 12 siang keatas kebalikannya sudah ramai, sebab banyak Petani karet kembali ke rumah,” timpalnya.

Ungkapan ini juga disampaikan Alie Sacin (42), dan Deni (56), mereka juga Petani karet setempat. “Apa yang disampaikan bapak Gunta itu benar adanya. Kami Petani karet disini kalau hari minggu wajib ke kebun untuk mendapatkan getah latek dan tentu untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari,” tutup Deni sembari tersenyum. (Rumba).

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait