website statistics
29.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 16:06:55 WIB

MTQ VI Korpri Tingkat Nasional Segera Digelar, Berikut Ungkapan Ketua Umum Korpri Nasional

Jakarta | detikNews – Ketua Umum Korpri Nasional, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, telah menyatakan bahwa MTQ Korpri siap dibuka, dengan jumlah Kafilah yang siap bertanding tercatat sebanyak 83, jumlah ini terdiri atas Kafilah 34 Provinsi dan 49 Kafilah Kementerian/Lembaga.

“MTQ ini merupaka medan untuk Dakwah, medan syiar kita, peluang-peluang baru bagi para ASN untuk membumikan nilai-nilai spiritualitas, nilai-nilai Qurani ke dalam kehidupan birokrasi,” tutur Prof. Zudan saat membuka technical meeting.

Acara technical meeting tersebut turut dihadiri Ketua Dewan Pengawas MTQ Prof. K.H. Nasaruddin Umar, Dewan Hakim Nasional MTQ Prof. Darwis Hude, Kepala BKD Prov Sumbar, Dewan Pengurus Korpri Nasional, Dewan Pengurus Korpri Provinsi, Dewan Pengurus Korpri Kementerian/LPNK/LPP serta para Kafilah MTQ.

Baca juga:  Peningkatan Signifikan: Kasus Covid-19 di Indonesia Mencapai 6.803.504 dengan Penambahan 990 dalam Sehari pada Update 23 Mei 2023

Sesuai jadwal, acara pembukaan MTQ direncanakan hari Senin 7/11/2022 malam, di Istana Gubernuran Sumatera Barat oleh HM Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri mewakili Wakil Presiden RI. Acara akan diisi antara lain perkenalan berupa defile dari seluruh Kafilah, dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Qori terbaik pada MTQ V di Sulawesi Tenggara.

Kemudian dilanjutkan do’a dipimpin oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. KH. Nasaruddin Umar, serta pengibaran bendera MTQ Korpri, serta penyerahan Piala Bergilir untuk diperebutkan dalam MTQ kali ini.

Baca juga:  Komisi C DPRD Depok Gencarkan Upaya Penanganan Sampah, Tindakan Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Satu hari sebelum pembukaan, dilaksanakan acara malam Ta’aruf dan Haflah Tilawatil Qur’an yang diikuti oleh seluruh perwakilan Kafilah. Pada malam Ta’aruf akan diserahkan Pataka MTQ Korpri, dari Ketua Umum Korpri kepada Gubernur Sumatera Barat selaku Tuan Rumah MTQ VI.

“Tujuan utama kita adalah syiar dan dakwah, dengan demikian besarnya partisipasi pada MTQ kali ini dapat terus dikembangkan menjadi ajang silaturahmi yang baik bagi anggota Korpri”, ungkap Zudan.

Orang nomor satu di Korpri ini menilai, antusiasisme luar biasa para anggota pengurus Korpri membuat acara MTQ tahun ini makin banyak pesertanya.

“Hampir dua kali lipat dari tahun 2021. Saya berharap di Sumatera Barat ini lahir kader-kader ASN tangguh baru yang bisa menjunjung tinggi nilai-nilai Qur’ani”, imbuh Zudan.

Baca juga:  Penemuan Mayat Bayi Terbungkus dalam Kain Warna Biru di Ciputat Timur Membuat Heboh, Awalnya Dikira Bangkai Kucing!

Zudan pun mengungkapkan, sesuai aspirasi yang berkembang, ditahun 2024 akan dibuka MTQ Korpri untuk peserta dari Universitas dan Kabupaten/Kota.

“Minta tolong untuk Sumatera Barat dan seluruh Kafilah agar dakwah dan syiar kita ini bisa menjadi branding baru dari ASN, yaitu MTQ, hafidz bagus, adzan bagus dan seterusnya”, kata Zudan.

“Tolong juga agar anggota Korpri bisa membuat video singkat yang menerangkan terkait MTQ agar bisa menjadi jejak digital dan ladang amalan yang dicatat oleh Allah SWT”, pungkasnya.(Arifin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait