website statistics
29.4 C
Indonesia
Sat, 20 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Saturday, 20 April 2024 | 12:46:05 WIB

Mudik Gratis 2023 Kembali Dibuka Kemenhub Untuk Masyarakat Indonesia

Jakarta | detikNews – Menjelang bulan puasa yang tinggal menghitung hari, masyarakat di Indonesia sudah mulai merencanakan mudik untuk berkumpul dengan keluarga di kampung halaman saat hari raya tiba. Bagi mereka yang ingin pulang kampung namun terkendala biaya transportasi, Kabar baik datang dari Kementerian Perhubungan yang kembali membuka fasilitas mudik gratis bagi masyarakat.

Pendaftaran mudik gratis bus Kemenhub akan dibuka pada hari Senin, 13 Maret 2023 dan akan berlangsung hingga tanggal 14 April 2023. Namun, jika kuota telah terpenuhi, pendaftaran akan segera ditutup. Pengumuman mudik gratis ini telah disampaikan oleh Ditjen Darat Kemenhub melalui akun Instagram resmi @ditjen_hubdat.

Baca juga:  BPBD DKI Jakarta: Pintu Air Pasar Ikan Jakarta Utara Siaga II Rabu Sore

“Mudik Gratis Bus Kemenhub 2023 kembali hadir dan kalian bisa mulai melakukan pendaftaran pada 13 Maret 2023 – 14 April 2023 (akan ditutup apabila kuota sudah terpenuhi)”, tulis Ditjen Darat Kemenhub dalam pengumuman mudik gratis di Instagram resmi @ditjen_hubdat, dikutip Minggu (12/3/2023).

Mudik gratis bus Kemenhub akan tersedia dari Jakarta menuju 28 tujuan rute di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, hingga Sumatera Selatan. Sementara itu, angkutan gratis akan tersedia dari 8 kota di Pulau Jawa untuk kembali ke Jakarta.

Baca juga:  Polrestabes Surabaya Amankan 8 Kurir Narkoba dengan Barang Bukti 90 Kg Sabu dan 13 Kg Ganja

Tidak hanya itu, layanan mudik gratis juga menyediakan angkutan sepeda motor gratis untuk lima kota di Pulau Jawa. Layanan angkutan motor gratis ini akan tersedia pada saat arus mudik dan arus balik.

Jadwal keberangkatan untuk mudik gratis ini akan dimulai pada tanggal 18-19 April 2023 pukul 10.00 WIB. Titik keberangkatan akan tersedia di beberapa terminal seperti Terminal Jati Jajar Depok, Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, Terminal Pulo Gebang Jakarta, Terminal Kampung Rambutan Jakarta, dan Terminal Poris Plawad Tangerang.

Baca juga:  Lakukan Kunjungan Kerja, H.Imam Musanto Tinjau Kegiatan Verval DTKS dan PTM Sinergitas Katar Kelurahan Bersama Puskesmas Mampang

Dengan adanya fasilitas mudik gratis dari Kemenhub ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang kurang mampu untuk pulang kampung dan berkumpul dengan keluarga saat hari raya tiba. Namun, di samping itu juga diharapkan agar semua pihak dapat mematuhi protokol kesehatan yang ketat demi mencegah penyebaran virus Covid-19.(Arf)

 

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait