website statistics
30.4 C
Indonesia
Wed, 28 February 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

30.4 C
Indonesia
Wednesday, 28 February 2024 | 15:29:52 WIB

Muhammadiyah Deli Serdang Kurban 19 Ekor Sapi Pada Idul Adha 2022

Reporter: Taufik Rahman

Deli Serdang | detikNews – Berdasarkan Maklumat PP Muhammadiyah Nomor: 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1443 H.Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sudah menetapkan bahwa Hari Raya Idul Adha 2022 jatuh pada Sabtu, 9 juli sementara itu pemerintah memutuskan bahwa Hari Raya Idul Adha jatuh pada Minggu 10 Juli 2022 berdasarkan sidang isbat yang digelar pada 29 Juni silam.

Ibadah kurban merupakan amalan agung dalam Islam yang dilaksanakan saat perayaan Idul Adha (10 Zulhijah) yang hukumnya adalah sunah muakadah atau sangat ditekankan pengerjaannya dalam Islam tertera pada Hadist Riwayat Ahmad, Ibnu Majah, dan Hakim mengatakan Barang siapa yang memiliki kelapangan (harta) sedangkan ia tak berkurban, janganlah dekat-dekat tempat salat kami.

Baca juga:  Pasar Lembor Pemandangan Kumuh, Camat Lembor Minta Tambah Tenaga

Dengan berdasarkan Maklumat PP Muhammadiyah tersebut, masyarakat umat Islam yang ada di Kabupaten Deli Serdang yang bergabung dalam Ormas Islam Muhammadiyah telah merayakan Idul Adha dan Kurban sabtu 9/juli/2022 dengan melaksanakan sholat Id di lapangan Mesjid Taqwa Muhammadiyah Lubuk Pakam dan di lanjut dengan pemotongan lembu kurban.

Sebanyak 133 orang yang ikut menyisih hartanya untuk berkurban yang terdiri dari 19 ekor sapi, yang keseluruhannya telah diperiksakan dan di keluarkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) bahwasannya lembu tersebut sehat terbebas dari penyakit dan bisa untuk di makan, sebanyak 16 ekor lembu yang asalnya daerah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang surat keterangannya di keluarkan oleh Dinas Peternakan setempat sementara yang 3 ekor sapi lagi dikeluarkan surat keterangan sehatnya oleh Dinas Pertanian Kabupaten Deli Serdang karena pembelian asal lembu tersebut dari daerah Kabupaten Deli Serdang ucap Drs. Hermansyah saat di konfirmasi detikNews selaku sebagai ketua panitia Kurban Mesjid Taqwa Muhammadiyah,dan tidak lupa ucapan terima kasihnya kepada rekan rekan yang tergabung dalam panita sehingga kegiatan berjalan dengan sesuai di rencanakan tidak ada kendala dalam pelaksanaan ini,” tegasnya.

Baca juga:  DPRK Abdya Memberikan Rekomendasi Kepada Darmansah, Ini Sikap IMM Abdya

Dihadiri dalam kegiatan tersebut oleh keluarga yang ikut berkurban, masyarakat setempat dan di amankan dalam pengamanan oleh pihak kepolisian Polresta Deli Serdang. (Taufik Rahman)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait