website statistics
23.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 23:54:21 WIB

Muhammadiyah Tunjukan Kekhawatiran Penembakan Kantor MUI: Tindakan Memalukan

Jakarta | detikNews – Muhammadiyah menyampaikan keprihatinan mendalam atas peristiwa penembakan yang terjadi di kantor MUI di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat. Muhammadiyah berpendapat bahwa tindakan seperti itu di luar batas yang dapat diterima.

Abdul Mu’ti, Sekretaris Jenderal Muhammadiyah, kepada wartawan, Selasa (2/5/2023), mengatakan, “Saya sangat prihatin dengan kasus penembakan di kantor MUI. Ini tindakan yang keterlaluan.”

Mu’ti mendesak polisi untuk terus mengusut motif sebenarnya di balik penembakan tersebut, meski pelaku sudah meninggal dunia.

“Kepada mereka yang terluka, saya harap mereka mendapat perawatan medis terbaik, kesabaran, dan kesehatan yang baik seperti biasanya,” kata Mu’ti.

Baca juga:  Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin Berupaya Mengatasi Masalah Gaji Dokter yang Masih di Bawah UMR

Selain itu, Mu’ti mengimbau umat Islam untuk tetap tenang. Ia mengimbau masyarakat tidak terpengaruh oleh provokasi yang dapat menimbulkan kepanikan masyarakat dan menyerahkan proses selanjutnya kepada aparat keamanan.

“Masyarakat khususnya umat Islam harus tetap tenang, tidak terpengaruh oleh provokasi yang dapat menimbulkan kepanikan masyarakat, dan menyerahkan proses selanjutnya kepada aparat keamanan,” kata Mu’ti.

Seperti diketahui, peristiwa penembakan terjadi di Kantor Pusat MUI di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, dini hari tadi. Pelaku tewas usai melakukan penembakan. Berikut kronologis kejadian tersebut.

Baca juga:  Ucapkan Selamat Pasca dilantiknya Ketua MUI Kelurahan se-Kecamatan Pancoran Mas, M.Suryadi.S.Ag Harapkan Sinergitas Aktif dalam Melayani Umat

Kejadian bermula pada pukul 11.24 WIB. Awalnya, seorang pria yang belakangan diketahui bernama Mustopa (60) datang ke Kantor Pusat MUI dan meminta bertemu dengan Ketua MUI.

“Pukul 11.24 ada orang tak dikenal masuk lewat pintu depan tempat ini, lalu mencari Ketua MUI, mau ketemu Ketua MUI,” kata Karyoto di kantor MUI.

Ia mengatakan, petugas keamanan Kantor Pusat MUI sempat menanyakan tujuan dan siapa yang akan ditemui Ketua MUI. Karyoto mengatakan pria itu tiba-tiba mengeluarkan senjata.

Baca juga:  Bantu Ratusan Warga Prasejahtera, Pemkot Depok Gelar Pasar Murah di Cilodong

“Kemudian orang itu mengeluarkan senjata,” katanya.

Karyoto mengatakan, senjata yang digunakan pelaku diduga adalah airsoft gun. Hal itu, kata dia, diketahui dari bentuk senjata dan bekas pelurunya.

“Ada partikel peluru, ada juga tabung gas kecil, namanya airsoft gun, bukan senjata api,” ujarnya.

Namun, Karyoto mengatakan senjata itu akan diserahkan ke Lab Polri untuk pemeriksaan lebih lanjut. “Untuk detailnya, kami akan tanyakan ke labfor,” ujarnya.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait