website statistics
24.4 C
Indonesia
Sun, 21 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Sunday, 21 April 2024 | 2:06:56 WIB

Nikmatnya Pancake Soufflé: Resep dan Cara Membuat

Depok | detikNews – Pancake soufflé adalah variasi yang menggoda dari pancake klasik yang empuk dan ringan. Dibandingkan dengan pancake biasa, pancake soufflé memiliki tekstur yang lebih tebal dan mengembang secara dramatis, mirip dengan soufflé. Dalam artikel ini, kami akan berbagi resep dan panduan langkah demi langkah tentang cara membuat pancake soufflé yang sempurna. Siapkan panci dan spatula, karena kita akan mulai memasak!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

  • 3 telur
  • 60 gram tepung terigu
  • 60 ml susu segar
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh baking powder
  • Sedikit garam
  • Mentega untuk olesan

Langkah-langkah Pembuatan Pancake Soufflé:

Baca juga:  Coba Resep Kue Balok Lezat untuk Mengenyangkan Selera

Langkah 1: Pisahkan putih telur dan kuning telur. Masukkan putih telur ke dalam mangkuk besar, dan kuning telur ke dalam mangkuk terpisah.

Langkah 2: Dalam mangkuk kuning telur, tambahkan susu segar dan aduk rata. Tambahkan tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan sedikit garam. Aduk kembali sampai semua bahan tercampur dengan baik dan membentuk adonan yang halus.

Langkah 3: Pada saat yang sama, kocok putih telur menggunakan mixer listrik atau pengocok telur manual sampai berbusa. Tambahkan sedikit gula pasir dan terus kocok hingga mencapai puncak yang kaku dan berkilauan.

Baca juga:  Mencicipi Kelezatan Soto Grombyang, Sajian Nusantara yang Menggoda Selera

Langkah 4: Perlahan-lahan, campurkan adonan kuning telur ke dalam mangkuk putih telur. Lakukan ini secara bertahap, dengan menggunakan gerakan melingkar dari bawah ke atas menggunakan spatula. Pastikan untuk tidak mengaduk terlalu keras, agar udara dalam putih telur tidak hilang.

Langkah 5: Panaskan panci datar atau wajan dengan diameter yang sedang di atas api sedang. Oles permukaan panci dengan mentega.

Langkah 6: Tuangkan adonan pancake soufflé ke dalam panci, dengan ukuran sekitar 1/4 cangkir atau sesuai selera. Tunggu sampai pancake mulai mengembang dan muncul gelembung kecil di permukaannya.

Langkah 7: Setelah gelembung-gelembung tersebut terbentuk, balik pancake soufflé dengan hati-hati menggunakan spatula yang lebar. Masak pancake dari sisi lain selama beberapa saat, hingga warnanya keemasan.

Baca juga:  Cara Mudah Membuat Kolak yang Lezat di Rumah: Pisang, Kelapa Parut, dan Santan Berpadu Sempurna!

Langkah 8: Angkat pancake soufflé dari panci dan letakkan di atas piring saji. Ulangi langkah-langkah 6 hingga 8 untuk adonan pancake yang tersisa.

Langkah 9: Pancake soufflé siap disajikan! Anda dapat menambahkan berbagai topping sesuai selera, seperti irisan buah segar, madu, sirup maple, atau gula halus di atasnya.

Selamat menikmati pancake soufflé lezat ini! Pancake akan tetap ringan dan mengembang meski setelah beberapa saat. Sajikan segera untuk mendapatkan hasil terbaik. (In)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait