website statistics
22.4 C
Indonesia
Fri, 26 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Friday, 26 April 2024 | 2:34:28 WIB

Normalisasi Situ Pengarengan, DPUPR Depok Bersihkan Gulma dan Sedimen Lumpur

Depok | detikNews – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok melakukan normalisasi Situ Pengarengan yang berada di Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok.

Normalisasi dilakukan dengan pembersihan Gulma dan pengangkatan sedimen lumpur tersebut, dilakukan dengan menggunakan alat berat berupa amphibi.

“Kami khawatir sampah nyangkut di jaring, untuk itu kami lakukan pembersihan atau normalisasi secara rutin”, ujar Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty, Selasa (20/12/22).

Baca juga:  Tanggapi Keluhan Warga Tentang Proyek Pembuatan Trotoar Jalan Margonda-Kartini, H.Imam Musanto Minta PUPR Mengingatkan Kontraktor Pelaksana

Lebih cermat dikatakannya, pembersihan itu di lakukan agar sampah tidak tersangkut di jaring, karena jika sampah tersangkut di jaring bisa berdampak pada saluran outlet (Sodetan samping Tol Cijago ke arah Kali Sugutamu).

Citra juga mengungkapkan, tumbuhan Gulma lebih cepat tumbuh, sehingga diperlukan penanganan lebih serius. Sedangkan untuk pembersihan disekitar area Situ, pihaknya menggunakan alat pemotong rumput.

Baca juga:  Program Pertukaran Startup Taiwan-Indonesia, Mendorong Warga Depok Go Internasional

“Alat berat digunakan sampai semua Gulma terangkat. Termasuk alat pemotong rumput juga digunakan untuk membersihkan areal Situ”, tandas Citra.

Setelah diangkat, lanjutnya, Gulma dan sampah akan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung. Satu unit truk disediakan untuk pengangkutan Gulma dan sampah tersebut, dan Satuan Tugas (Satgas) yang dikerahkan untuk pembersihan tersebut yaitu satu regu dengan total 10 personel.

Baca juga:  Korupsi UMKM, Diskoperindag SBT Didemo DPC PMPRI SBT

“Sementara kami fokus untuk mengangkat gulma. Setelah bersih, kita akan lakukan normalisasi secara keseluruhan”, pungkasnya. (Emy)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait