website statistics
29.4 C
Indonesia
Sat, 20 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Saturday, 20 April 2024 | 12:59:15 WIB

Optimalkan Pelayanan Kesehatan, Kecamatan Cibodas Lakukan Skrining TB dan Kanker Payudara

Tangerang | detikNews – Kecamatan Cibodas melakukan program skrining kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini tanda-tanda tuberkulosis (TB), kanker payudara, dan donor darah. Program yang digelar pada Jumat (12/05/23) di Kantor Kecamatan Cibodas ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan pelayanan bagi warga dan menjamin kesehatan karyawan dan masyarakat di sekitarnya.

“Tujuan dari program ini adalah untuk mendeteksi secara dini tanda-tanda penyakit pada seluruh pegawai di Kecamatan Cibodas untuk memastikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat sekaligus memastikan kesehatan warga di wilayah tersebut. Oleh karena itu, deteksi dini juga sebagai upaya pencegahan, kata Camat Cibodas, Buceu Gartina.

Baca juga:  Sedekah Sampah: Aksi Kecil, Dampak Besar Menuju Kota Tangerang Layak Huni dan Ramah Lingkungan

Sementara itu, Kepala Puskesmas Cibodasari, dr Didi menjelaskan jika ditemukan kasus TBC atau kanker payudara, maka pihak puskesmas akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan memberikan rujukan sesuai kebutuhan. Masyarakat diharapkan datang ke puskesmas untuk pemeriksaan.

“Gejala umum TBC antara lain batuk terus-menerus selama dua minggu, batuk pada malam hari, dan penurunan berat badan. Sedangkan untuk kanker payudara, benjolan di area payudara merupakan tanda umum. Jika Anda mengalami gejala tersebut, sebaiknya periksakan diri Anda ke Puskesmas,” tambahnya.

Baca juga:  Mengatasi Efek Samping Obat Antibiotik pada Anak: Peran Penting Orangtua

Masyarakat diimbau untuk tetap menjaga kebersihan dan pola hidup sehat sebagai cara utama untuk mencegah penyakit. “Mulai dari diri sendiri dan keluarga, menjaga kebersihan dan pola hidup sehat, hingga ke lingkungan sekitar dapat menjadikan kita masyarakat yang sehat jasmani dan rohani,” ajaknya.

Dengan melakukan program pemeriksaan kesehatan dan mensosialisasikan perilaku hidup bersih dan sehat, Kecamatan Cibodas berharap dapat meningkatkan kesehatan warganya dan memastikan bahwa setiap orang mendapatkan perawatan terbaik. (DN)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait