website statistics
22.4 C
Indonesia
Wed, 17 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Wednesday, 17 April 2024 | 1:52:45 WIB

Ouk Chaktrang, Varian Catur Tradisional Kamboja dalam SEA Games 2023

Jakarta | detikNews – Cabang olahraga Catur tidak akan dipertandingkan dalam SEA Games 2023 yang akan digelar di Kamboja pada tanggal 5 hingga 17 Mei tahun ini. Sebagai gantinya, Catur lokal Kamboja, Ouk Chaktrang akan dipertandingkan dalam ajang tersebut. Ouk Chaktrang adalah salah satu dari tiga olahraga tradisional yang akan diperkenalkan Kamboja pada SEA Games 2023, bersama dengan seni bela diri Bokator dan Kun Khmer. Pertandingan dijadwalkan akan berlangsung mulai 29 April hingga 9 Mei 2023 dengan tujuh nomor yang diperebutkan oleh tujuh negara. Namun sayangnya, Indonesia tidak akan berpartisipasi dalam cabang olahraga lokal ini.

Baca juga:  Kejuaraan Atletik Wali Kota Cup, Mencetak Bibit Atlet Unggul untuk O2SN dan POPDA di Kota Sukabumi

Ouk Chaktrang merupakan varian catur tradisional yang telah eksis di Asia Tenggara sejak berabad-abad yang lalu. Bahkan, terdapat bukti bahwa Ouk Chaktrang telah dimainkan di Kamboja sejak abad ke-12, sebagaimana tergambar pada beberapa relief di Candi Angkor Wat. Kata ‘Ouk Chaktrang’ mirip dengan nama catur Persia, Chatrang. Dari segi permainan, catur ini mirip dengan catur Thailand, Makruk, dan catur Vietnam. Disebut Ouk karena bentuk bidaknya menyerupai cangkang.

Turnamen Ouk Chaktrang nasional pertama diadakan pada tanggal 3 hingga 4 April 2008, setelah aturan standar ditetapkan oleh Komite Olimpiade Kamboja dan Asosiasi Catur Kamboja. Aturannya mirip dengan catur Thailand, Makruk, dengan beberapa gerakan pembuka khusus dan sedikit perbedaan. Ouk Chaktrang menawarkan pengalaman bermain catur kuno yang sangat menyenangkan, dengan keseimbangan atau dinamikanya sendiri. Kecepatan yang sedikit lebih lambat dapat memberikan cara yang baik untuk memupuk kesabaran dan mengasah pemikiran strategis.

Baca juga:  BNN Cup ke-4 Tahun 2023, Pencak Silat untuk Generasi Bersih Narkoba

Aturan umumnya sangat mirip dengan catur pada umumnya, dengan tujuan yang sama, yaitu untuk sekakmat raja lawan. Perbedaan utamanya terletak pada beberapa bidak yang memiliki gerakan dan posisi awal yang berbeda. Bidak dimulai dari baris ketiga, sedangkan raja selalu berada di sisi kiri pemain tanpa memandang warna. Kebuntuan adalah seri, seperti dalam catur.

Baca juga:  Pertandingan Sepak Bola Persahabatan Antara Pemprov Sumbar dengan Pemprov Jambi Imbang 1-1

Dengan pengenalan Ouk Chaktrang dalam SEA Games 2023, Kamboja berharap dapat memperkenalkan warisan olahraga tradisional mereka kepada dunia internasional. Selain itu, pengenalan catur lokal ini juga diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap catur dan memperluas wawasan dunia mengenai keberagaman olahraga di Asia Tenggara.(Arf)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait