website statistics
23.4 C
Indonesia
Sun, 21 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Sunday, 21 April 2024 | 3:12:55 WIB

Panduan Lengkap: Cara Efektif Mengatasi Gigi Berlebihan dan Mencegah Komplikasi

Depok | detikNews – Hyperdontia atau gigi berlebihan adalah kondisi di mana terdapat ekstra gigi yang tumbuh di dalam mulut. Meskipun umumnya tidak berbahaya, gigi berlebihan bisa menekan rahang dan gusi sehingga memicu pembengkakan dan rasa sakit. Kondisi ini membutuhkan penanganan agar tidak menyebabkan kerusakan gigi atau masalah kesehatan lainnya.

Dalam mengatasi gigi berlebihan atau supernumerary teeth, terdapat beberapa metode yang dapat dilakukan. Pertama, dokter akan melakukan pemeriksaan gigi untuk melihat gejala atau komplikasi yang ditimbulkan. Jika gigi berlebih tidak menimbulkan komplikasi atau risiko yang signifikan, dokter akan melakukan pemantauan terhadap perkembangan gigi tersebut, serta melakukan X-ray atau foto rontgen jika diperlukan.

Baca juga:  Cara Mengatasi Mata Merah dan Kenali Penyebabnya, Jangan Panik!

Prosedur pencabutan gigi berlebih dilakukan jika lokasi gigi tersebut mudah dilihat. Proses ini biasanya tidak memakan waktu lama, dan pasien dapat pulang serta melakukan aktivitas normal setelah prosedur cabut gigi. Namun, jika gigi yang akan dicabut tertutup oleh gusi atau lapisan tulang, dokter akan melakukan prosedur operasi untuk mengangkat gusi atau lapisan tulang tersebut terlebih dahulu. Setelah gigi berhasil dicabut, gusi akan dijahit, dan lapisan tulang akan sembuh dengan sendirinya.

Namun, pada anak-anak, dibutuhkan waktu sekitar 6 bulan hingga 3 tahun setelah pencabutan gigi agar gigi dapat tumbuh kembali. Pencabutan gigi berlebih perlu dilakukan dalam beberapa kasus, antara lain jika gigi berlebih menghambat pertumbuhan gigi di sekitarnya atau menyebabkannya bergeser, mengganggu pemberian perawatan gigi lainnya seperti behel, menyebabkan masalah kesehatan gigi atau mulut seperti kerusakan akar gigi di sekitarnya, muncul secara tiba-tiba, mengganggu prosedur cangkok tulang atau implan, membuat gigi sulit dibersihkan dengan baik saat menyikat atau menggunakan benang gigi, atau mengganggu penampilan.

Baca juga:  Mengungkap Rahasia: 6 Cara Jitu Buang Minyak Goreng Bekas Tanpa Merusak Wastafel dan Lingkungan

Pendapat ahli mengenai perlunya pencabutan gigi berlebihan dapat berbeda. Beberapa ahli berpendapat bahwa pencabutan gigi tidak diperlukan, sementara yang lain berpendapat bahwa prosedur ini perlu dilakukan segera agar tidak memicu kondisi yang lebih parah. Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi gigi berlebihan yang Anda alami.

Baca juga:  Mengenang Kehidupan Justyn Vicky: Keluarga Ungkap Perjuangan Setelah Tragedi Barbel 210 KG

Dalam setiap kasus, penting untuk memperhatikan saran dan panduan dokter untuk mengatasi gigi berlebihan. Menjalani pemeriksaan gigi secara teratur dan menjaga kebersihan mulut dengan rajin menyikat gigi dan menggunakan benang gigi juga penting untuk mencegah masalah gigi dan menjaga kesehatan gigi secara umum. (In)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait