website statistics
29.4 C
Indonesia
Fri, 19 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Friday, 19 April 2024 | 12:02:57 WIB

Pasca Ikuti 3 Tahap seleksi, 42 Siswa Depok Berhasil Terpilih sebagai Calon Paskibraka Tahun 2023

Depok | detikNews – 42 siswa berhasil lolos dalam tahap seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kota Depok tahun 2023. Proses seleksi dilakukan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) bersama Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Depok secara bertahap.

Menurut Dewi Indrianti, Kepala Bidang Kesatuan Bangsa, Kesbangpol Kota Depok, seleksi calon Paskibraka kini dilakukan oleh instansinya setelah sebelumnya berada di Dinas Pemuda, Olahraga Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporyata). Namun, tahapannya sama seperti sebelumnya.

Baca juga:  Jadi Irup MPLS di SMPN 1 Kisaran: Ini Pesan Wakil Bupati Asahan Kepada Siswa/Siswi Baru dan Tenaga Pendidik

“Semoga para calon Paskibraka dapat menjalankan tugas mereka secara optimal dengan melalui proses latihan dan dikukuhkan menjadi Paskibraka,” ujar Dewi, Senin (27/03/23).

Sementara itu, Ketua PPI Kota Depok, Ridwan Malik, mengatakan bahwa para pelajar telah mengikuti tiga tahap seleksi sebelum terpilih. Tahap pertama pada 6-9 Maret adalah seleksi administrasi, tes kesehatan, dan postur. Tahap kedua pada 18 Maret adalah tes pembinaan ideologi Pancasila, tes intelegensia umum, wawancara, dan unjuk minat bakat.

Baca juga:  Sekolah Dasar Negeri Bangka 3 Kota Bogor Jadi Percontohan Sekolah Sehat di Jawa Barat

Tahap ketiga pada 19 Maret adalah Samapta atau kesiapan fisik, PBB, dan pantukhir. Sosialisasi pelatihan akan diadakan pada 7 Mei mendatang untuk calon Paskibraka, orang tua calon Paskibraka, dan perwakilan pihak sekolah.

“Total peserta seleksi berjumlah 443 orang. Saat ini, sudah dipilih 42 orang untuk melaksanakan rangkaian pelatihan hingga penugasan 17 Agustus,” jelas Ridwan.

Ridwan menambahkan bahwa jumlah calon Paskibraka tahun ini kembali normal, yakni 42 orang, setelah sebelumnya hanya 28 orang. Ia menyatakan bahwa jumlah ini optimal untuk pemilihan pasukan yang bertugas saat pengibaran dan penurunan bendera.

Baca juga:  Sinergi Pemuda Pancasila dan Plt Bupati untuk Membangun Kabupaten Bogor

“SDM tahun ini sangat bagus. Calon yang terpilih memiliki tinggi rata-rata 173 cm untuk putra dan 167 cm untuk putri. Dari segi intelektual dan jasmani, mereka juga sangat baik. Kami juga akan bersiap untuk seleksi provinsi Jawa Barat pada 3 Mei mendatang,” pungkasnya. (NW)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait