website statistics
29.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 14:14:15 WIB

Pelatihan Program Kesehatan Masyarakat diselenggarakan oleh Kelurahan Jatimulya secara Maksimal

Depok | detikNews – Kelurahan Jatimulya telah mengadakan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan program kesehatan masyarakat pada tanggal 14 hingga 16 Maret. Kegiatan ini diikuti oleh kader-kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Posyandu, Pokja Sehat, Forum Komunikasi Majelis Ta’lim (FKMT), dan Karang Taruna.

Lurah Jatimulya, Aripudin menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk membekali para kader posyandu dan masyarakat pemerhati kesehatan keluarga agar dapat meningkatkan cakupan beberapa indikator kesehatan keluarga.

Baca juga:  Buah-buahan: Membawa Manfaat yang Luar Biasa untuk Kesehatan Kulit, Terungkap oleh Penelitian

“Kegiatan ini salah satu upaya untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), dan Stunting. Dan alhamdulillah, sebanyak 25 orang mengikuti kegiatan ini, ujar Lurah.

Sementara itu, Kepala Seksi Kemasyarakatan dan Pelayanan, Kelurahan Jatimulya, Nadirah menyampaikan bahwa pelatihan diberikan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok.

Beberapa materi yang disampaikan dalam pelatihan meliputi pengenalan Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Balita Berbasis Masyarakat (EPPGMB), pemberian makanan bayi dan anak balita, anemia pada remaja putri, skrining calon pengantin, deteksi faktor resiko ibu hamil, ibu bersalin, dan bayi baru lahir oleh masyarakat, serta pemantauan pertumbuhan balita dan praktek pemantauan pertumbuhan.

Baca juga:  Pemkot Depok Dapat Apresiasi Kementerian PPPA dalam Menekan Kasus Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam pelayanan posyandu dan edukasi kepada masyarakat,” tutur Nadirah.

“Semoga para peserta dapat menyampaikan kembali informasi yang mereka dapatkan ke warga dan sasaran posyandu sehingga masalah-masalah kesehatan keluarga dapat dicegah dan diminimalisir di kemudian hari,” harapnya. (Emy)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait