website statistics
23.4 C
Indonesia
Sun, 21 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Sunday, 21 April 2024 | 2:42:02 WIB

Pemasangan Kabel Udara Kawasan Bedahan Disoal Warga

depok | detikNews – Penduduk Kota Depok resah oleh pemasangan kabel perusahaan internet dibahu jalan tepatnya di lokasi H. Kinan, RT02 RW 02 perbatasan pintu masuk BSI 1 ke Kelurahan Bedahan Kecamatan Sawangan Kota Depok. Selain itu dipertigaan jalan H. Kinan tersebut proyek pemasangan kabel yang dinilai semerawut disebut oleh salah satu warga, Rohman, yang mengatakan bisa juga menimbulkan bahaya bagi pengguna jalan.

Ket foto : Salahsatu kondisi kabel yang tidak rapi dan juntai di wilayah Bedahan (kiri), ilustrasi salahsatu menjadi korban terjerat kabel udara (kanan).oppa

Rohman mengungkapkan ketidakpuasannya atas kondisi tiang penyedia internet yang lokasinya dipertigaan tersebut, yang awalnya teratur dan sedikit kabelnya kini banyak dan tidak tertata. Ia juga mencatat adanya tumpukan kabel di atas jalan yang dapat membahayakan pengendara.

Baca juga:  Penipuan Travel Agent Umrah PT NSWM: Kasus Terbongkar dan Modus Operandi Pelaku

“Kabelnya banyak banget, belum numpuk kaya kusut begitu semerawut”, cetus Rohman dengan bahasa asli orang Sawangan, kepada detikNews.co.id, Minggu (3/3/2024).

Meskipun beberapa tiang lain tidak, Rohman menilai pekerjaan tersebut kurang rapi. Ia khawatir kondisi ini dapat menyebabkan kecelakaan jika pengendara tidak waspada, terutama saat berbelok atau menghindari lubang.

“Soalnya namanya kabel kan bisa saja ada yang putus atau kendor, kan itu bisa kena yang naik motor ya”, menambahkan agak khawatir soal kepada pengguna jalan.

Hardi, warga lain dari jalan H. Kinan Memilih dari pertigaan jalan H. Sulaiman arah kolam renang Putri Duyung atau lurus pertigaan kiri kelurahan kanan arah masjid, dia Menyebutkan kondisi kabelnya itu parah dan jalan jalan utama di Bedahan.

Baca juga:  Ngopi Bareng Pengurus Lingkungan, H.Imam Musanto Serap Aspirasi Wilayah Kelurahan Depok

Meskipun pekerjaan proyek pemasangan kabel internet (fiber optic) dapat dikomsumsi oleh warga, namun harus terlihat rapi dan tidak menyebabkan kesemrawutan di jalan. Ia juga sempat bercerita berapa waktu lalu pada pagi hari saat orang berangkat kerja dan mengantar anak sekolah, nyaris terjiret dengan kabel.

“Saya sempat melihat waktu lalu belum lama pas sedang naik motor juga, liat di sekitaran pertigaan kabel juntai nyaris mengenai orang boncengan antar anak sekolah pagi pagi”, ungkap Hardi seingatnya.

Dia juga menekankan pentingnya mempertimbangkan keselamatan dan kenyamanan pada pengendara, meskipun jasa perusahaan internet berbisnis namun keselamatan orang lain di jalan lebih utama.

Awak media saat mengkonfirmasi kepada pihak pemangku kepentingan Kelurahan Bedahan belum menanggapi keluhan warga. Adapun warga menyatakan perlunya perbaikan dan penataan kabel di bahu jalan, agar tiang diseluruh jalan kembali aman dan teratur seperti semula.

Baca juga:  Angkot Menabrak Pohon di Rawamangun, Menyebabkan 4 Orang Terluka dan Mobil Ringsek

Perlu diketahui Peraturan Daerah Nomor 08 Tahun 2023 Tentang Jaringan Utilitas Terpadu juncto Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 01 Tahun 2024 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Penting bagi perusahaan provider yang melanggar ketetapan yang sudah diberitahukan melalui surat pemberitahuan nomor 670/034- Bidang Binaan konstruksi (Bid-Bin/Kons-red) kegiatan pemutusan kabel udara di jalan raya akan diputus.

kepada para operator kabel telekomunikasi untuk mematuhi regulasi yang telah ditetapkan Pemkot Depok. Terutama, soal kabel udara yang berada di sepanjang Jalan Margonda Raya. Kepada para operator seharusnya meraka mematuhi aturan yang telah ditetapkan. Seharusnya mereka tahu kabel-kabel itu tidak seperti itu pemasangannya, Pemkot sudah sepakat, jika mereka tetap pasang tanpa aturan akan diputus. (Roni)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait