25.4 C
Indonesia
Sen, 28 November 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Senin, 28 November 2022 | 8:22:59 WIB

Pembangunan Rehab Ruang Kelas SMP Negeri 2 Pangudrotan Pahae Julu Terkesan Asal Jadi 

Reporter: Eduard

Tapanuli Utara | Gerbang Indonesia – Dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan Pendidikan berstandar Nasional dan demi mewujudkan visi dan misi Bupati Tapanuli Utara membangun pendidikan yang lebih baik untuk menciptakan sumber daya manusia berkualitas agar mampu bersaing di era digitalisasi saat ini.

Maka Pemkab Tapanuli Utara melalui Dinas Pendidikan di Bidang Sarana Prasarana terus berupaya membangun dan membenahi, memperbaiki berbagai kekurangan fasilitas kebutuhan sekolah tingkat SD/SMP selama ini.

“Selanjutnya dinas pendidikan Bidang Sarana Prasarana setiap tahunnya terus berpacu menggolkan anggaran yang lebih besar dari berbagai sumber bantuan dana agar prioritas pembangunan gedung Rumah Dinas Kepala Sekolah, Gedung Ruang Kelas Baru, Laboratorium IPA, Gedung Perpustakaan, Gapura, Pagar, Taman Baca, MCK dan Rehab Ruang Kelas, maupun pembuatan sanitasi, pembenahan, penataan lingkungan sekolah tingkat SD/SMP di Kabupaten Taput segera tercapai dengan tujuan agar proses belajar mengajar di sekolah lebih baik dan nyaman.

Baca juga:  Oknum Pejabat Satpol PP Surabaya Diduga Jual Barang Hasil Penertiban

 

Namun yang ironisnya” ketika tim media dan LSM melakukan pantauan monitoring dilapangan melihat hasil pekerjaan proyek rehabilitasi SMP Negeri 2, Desa Pangurdotan, Kecamatan Pahae Julu sangatlah mengecewakan, Senin (7/2/2022).

“Dan bahkan disinyalir bahwa hasil pekerjakan proyek tersebut diduga dikerjakan tidak sesuai bestek dan spesifikasinya teknik maupun RAB sebagaimana yang tertuang di dalam perjanjian kontrak kerja yang telah disepakati.

Sementara anggaran yang direalisasikan untuk pelaksanaan proyek rehabilitasi perbaikan ruang kelas dan pengadaan perabot, besarannya tidak tanggung-tanggung sampai menelan anggaran berbiaya senilai Rp. 650 juta yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021.

Baca juga:  Gelar FGD, Pusat Studi Kelautan FMIPA Universitas Indonesia Fokus Diskusikan Penyusunan Strategi Pengelolaan Wisata Bahari dan Ekosistem Terumbu Karang

“Berdasarkan fakta temuan tim Media dan LSM” melihat hasil pekerjaan rehab bangunan sekolah tersebut seakan dikerjakan asal-asalan dengan mengabaikan ketahanan dan kualitas, bahkan seperti pekerjaan material keramik, lantai selasar belakang ruang kelas, dikerjakan tidak sesuai ukuran permukaan lebar lantai, keramik yang sudah terpasang dapat membahayakan para siswa/wi dan guru ketika melewati dan mempijakan kaki ke lantai keramik tersebut,dan bisa dikatakan, ibarat “jebakan Batman” dan keramik yang terpasang sudah rusak tidak sesuai RAB.

Lalu tidak hanya item jenis pekerjaan keramik saja jadi sorotan, melainkan pemasangan rabung seng yang tidak rapi, kemudian dinding pinggir sebelah kanan gedung ruang kelas juga ditemukan sudah dalam kondisi retak memanjang dibawah atap, resplang terpasang seperti ular.

Baca juga:  Ini Kata Anggota Komisi I DPR RI Soal Pergantian Panglima TNI Jendral Andika Perkasa

 

Masyarakat menilai bahwa pekerjaan tersebut bisa diduga dan dikatakan amburadul dengan menelan pagu anggaran yang sangat “Bombastis”

Dan sebaliknya perbuatan tersebut patut diduga terindikasi korupsi, untuk mencari keuntungan dengan niat tujuan memperkaya diri sendiri.

“Terkait melihat hasil pekerjaan rehab sekolah SMPN 2 Kec. Pahae Julu seakan menuai kejanggalan.

Masyarakat meminta kepada Bapak Bupati Taput Cq Kepala Dinas Pendidikan tidak menerima hasil pekerjaan dan mendorong pihak BPK dan Inspektorat melakukan pemeriksaan yang mendalam dan jika terbukti hasil pekerjaan rehab sekolah tersebut tidak maksimal atau terjadi dugaan penyelewengan anggaran dari jenis item volume pekerjaan supaya dilakukan pemeriksaan oleh APH yang berwenang, untuk mengantisipasi timbulnya kerugian negara,” ujar masyarakat.(Eduard/Tim)

Komentar

-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img

Berita Terpopuler

Sitialimah Aceh Meminta Perlindungan Hukum di Polres Nias

Nias, Gerbang Indonesia - Terjadi pengancaman atas diri Sitialimah Aceh yang dilakukan oleh sekelompok oknum keluarga TBN LS bersama dangan kawan-kawannya pada hari Sabtu...

Saat Perbaiki Mesin, Kernet Truk Ditabrak di Tol Jakarta Tangerang

Reporter: Sawijan Jakarta | detikNews.co.id - Disaat memperbaiki truknya yang mogok kernet truk berinisial HDR meninggal dunia di Jalan Tol Jakarta-Tangerang Km 04.300 pada Selasa...

Pj Walikota Dukung Komitmen Akreditasi RSUD Kumpulan Pane

Reporter: J. Saragih Tebing Tinggi| detikNews - Pemerintah Kota bersama jajaran UPTD RSUD dr H. Kumpulan Pane Tebing Tinggi mendeklarasikan komitmen Akreditasi demi upaya mewujutkan...

Riswanto Tukang Becak, Kini Jadi Juragan Buah

Pemalang | detikNews - Adalah Riswanto seorang lelaki berusia 30 tahun, warga Kaligelang, Kecamatan Taman, Pemalang Jawa Tengah. Seorang yang mengalami pasang surutnya kehidupan,...

Penganiaya Ibu Rumah Tangga di Tarutung, berhasil Diringkus Sat Reskrim Polres Taput

Tapanuli Utara, Gerbang Indonesia - Setelah lima hari melarikan diri, tersangka penganiaya seorang ibu rumah tangga atas nama korban Stevy Simanjuntak ( 30 )...

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Desa Bontonyeleng

Reporter: Wahyudi Bulukumba | Gerbang Indonesia - Hujan deras disertai angin kencang menerjang beberapa titik di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), Tak terkecuali di Desa...
-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img
Berita terbaru