website statistics
22.4 C
Indonesia
Thu, 28 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Thursday, 28 March 2024 | 19:45:59 WIB

Pemkab Buteng Siapkan 1000 Talang Untuk Acara Kande – kandea Tolandona 2022

Reporter: Nanda.N

Buteng | detikNews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) menyiapkan 1000 Talang untuk acara Kande – kandea, acara Kande – kandea ini selama 2 tahun tidak pernah diadakan selama pandemi Covid -19.

Kande – kandea merupakan kegiatan tahunan yang rutin digelar masyarakat Tolandona. Kegiatan ini biasanya dilakukan seminggu setelah Hari Raya Idulfitri.

Baca juga:  HUT Cilacap: Pesona Pentas Seni Budaya Menarik Perhatian Warga

Walaupun kegiatan ini dilakukan oleh masyarakat Tolandona akan tetapi yang ikut menghadiri datang dari berbagai penjuru, terutama masyarakat kepulauan Buton – Muna dan sekitarnya.

Dalam acara ini dilakukan berbagai kegiatan yang merupakan satu rangkaian acara yang berhubungan satu sama lain. Mulai dari kegiatan lomba dan puncaknya adalah Kande – kandea yang menyajikan berbagai macam makanan tradisional Buton.

Baca juga:  Kelurahan Pondok Cina: Membawa Kebudayaan Betawi Bersinar dalam Perhelatan Lebaran Depok 2023

Sebagai suatu kegiatan budaya, tentu saja acara Kande – kandea memuat sejumlah pesan dan nilai yang perlu diketahui oleh masyarakat, baik masyarakat Tolandona sendiri sebagai pelaksana, maupun masyarakat di luar Tolandona yang mengikutinya. Sebagai mana kita ketahui nila-nilai budaya suatu masyarakat merupakan spirit pembangunan yang akan menjadi pendorong bagi masyarakat untuk terus membangun daerahnya.

Baca juga:  Fahmi Arifan ST, M. Eng Salurkan Bantuan Fasilitas Iptek Penunjang Produktifitas Batik Pemalangan di Desa Cibelok

Di tahun 2021 kemarin, acara Kande – kandea sudah ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia, berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor: 0021/F4/KB.04.04/2021 tanggal 07 Desember 2021. (ND)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait