website statistics
28.4 C
Indonesia
Wed, 19 June 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Wednesday, 19 June 2024 | 16:59:38 WIB

Pemkab Buteng Siapkan 1000 Talang Untuk Acara Kande – kandea Tolandona 2022

Reporter: Nanda.N

Buteng | detikNews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) menyiapkan 1000 Talang untuk acara Kande – kandea, acara Kande – kandea ini selama 2 tahun tidak pernah diadakan selama pandemi Covid -19.

Kande – kandea merupakan kegiatan tahunan yang rutin digelar masyarakat Tolandona. Kegiatan ini biasanya dilakukan seminggu setelah Hari Raya Idulfitri.

Baca juga:  Perwakilan Pemuda Sembilan Negara Kunjungi Depok untuk Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia

Walaupun kegiatan ini dilakukan oleh masyarakat Tolandona akan tetapi yang ikut menghadiri datang dari berbagai penjuru, terutama masyarakat kepulauan Buton – Muna dan sekitarnya.

Dalam acara ini dilakukan berbagai kegiatan yang merupakan satu rangkaian acara yang berhubungan satu sama lain. Mulai dari kegiatan lomba dan puncaknya adalah Kande – kandea yang menyajikan berbagai macam makanan tradisional Buton.

Baca juga:  Proses Konsolidasi KPP Tanpa Aksi Panggung: Anies Baswedan Prioritaskan Diskusi Substansi dan Hasil Konkret Tanpa Spekulasi dan Foto-Foto

Sebagai suatu kegiatan budaya, tentu saja acara Kande – kandea memuat sejumlah pesan dan nilai yang perlu diketahui oleh masyarakat, baik masyarakat Tolandona sendiri sebagai pelaksana, maupun masyarakat di luar Tolandona yang mengikutinya. Sebagai mana kita ketahui nila-nilai budaya suatu masyarakat merupakan spirit pembangunan yang akan menjadi pendorong bagi masyarakat untuk terus membangun daerahnya.

Baca juga:  Novel Baswedan Ungkap Firli Bahuri Sering Memfoto Dokumen Rahasia Saat Menjadi Deputi KPK

Di tahun 2021 kemarin, acara Kande – kandea sudah ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia, berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor: 0021/F4/KB.04.04/2021 tanggal 07 Desember 2021. (ND)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait