website statistics
23.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 23:28:51 WIB

Pemkot Tangerang Mendorong Kesejahteraan dengan Program Bantuan Kursi Roda bagi Lansia dan Penyandang Disabilitas

Tangerang | detikNews – Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Sosial (Dinsos) tidak hanya memiliki program bantuan untuk bencana alam, tetapi juga menyelenggarakan program bantuan alat bantu bagi lansia dan penyandang disabilitas. Salah satu jenis bantuan yang disediakan adalah kursi roda.

Sejak tahun 2020, telah disalurkan sebanyak 260 kursi roda kepada masyarakat. Rinciannya adalah 60 unit pada tahun 2020, 100 unit pada tahun 2022, dan untuk tahun 2023 ini juga telah dianggarkan 100 unit yang akan disalurkan. Pada tahun 2021, penyaluran kursi roda tidak dilakukan karena anggarannya dialihkan untuk penanganan pandemi Covid-19, demikian yang diungkapkan oleh Mulyani, Kepala Dinsos, pada Jumat (19/5/23).

Baca juga:  Membuka Ruas Tol Cigombong-Cibadak: Presiden Jokowi Perpendek Waktu Perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi menjadi 2,5 Jam

Mulyani menjelaskan bahwa dalam program ini, prosesnya dimulai dengan pengajuan kebutuhan alat bantu oleh masyarakat ke kantor Dinas Sosial. Tim Dinsos akan melakukan verifikasi di lokasi permohonan untuk memastikan kelayakan penerima bantuan.

“Pada program ini, terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh calon penerima bantuan alat bantu. Pertama, mereka harus merupakan warga Kota Tangerang dan memiliki identitas kependudukan seperti KTP dan KK Kota Tangerang. Selain itu, mereka juga harus menyertakan surat pengantar dari kelurahan yang ditujukan kepada Kepala Dinsos. Program ini juga ditujukan bagi kelompok keluarga renta atau tidak mampu secara ekonomi,” tutur Mulyani.

Baca juga:  Bantu Ringankan Beban Masyarakat, Pemkot Tangerang Bagikan 6000 Paket Sembako

Mulyani juga menambahkan bahwa calon penerima bantuan harus belum pernah menerima bantuan alat bantu sebelumnya dan memiliki keterbatasan fisik atau gangguan gerak, terutama pada kaki. Keputusan akhir mengenai kelayakan penerima bantuan akan dilakukan oleh petugas Dinsos setelah melakukan verifikasi dan validasi.

Mulyani berharap agar masyarakat Kota Tangerang semakin banyak yang mengetahui program bantuan alat bantu untuk disabilitas dan lansia ini. Dengan demikian, diharapkan program ini dapat mencapai lebih banyak penerima manfaat. Keberadaan Pemerintah Kota Tangerang juga diharapkan semakin terasa oleh masyarakat secara luas. (DN)

Baca juga:  Pemkot Tangerang Dorong Kesadaran Lingkungan Lewat Car Free Day Berkala

.

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait