website statistics
26.4 C
Indonesia
Fri, 19 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Friday, 19 April 2024 | 10:23:27 WIB

Pemprov DKI Jakarta Mulai Membangun Tanggul di Kali Baru Hek Kramat Jati dengan Anggaran Rp 9,5 Miliar

Jakarta | detikNews – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah memulai program pembangunan tanggul di daerah Kali Baru, Hek, Kramat Jati pada tahun ini. Dana yang disiapkan untuk program ini sebesar Rp 9,5 miliar, Kamis (27/4/2023).

Menurut Subkoordinator Urusan Perencanaan Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Maman Supratman, pembangunan fisik tanggul ditargetkan akan dimulai pada bulan Juli mendatang. Saat ini, proyek pembangunan masih dalam proses lelang.

Baca juga:  PNS Koordinator Pasar Pemkab Serang Terbukti Melakukan Pungli ke Pedagang Pasar Padarincang, Divonis 2 Tahun Penjara dan Denda Rp 75 Juta oleh Hakim

Kawasan Kali Baru seringkali mengalami genangan air karena luapan Kali Baru yang kerap kali meluap. Wali Kota Jakarta Timur, M. Anwar, mengatakan bahwa pihaknya ingin bangunan yang berada di bantaran kali direlokasi agar dapat dilakukan perbaikan kali secara menyeluruh.

Anwar mengatakan bahwa diperlukan aturan yang mendukung upaya perbaikan kali tersebut. Pemkot sendiri menginginkan agar bangunan sepanjang Kali Baru direlokasi.

Baca juga:  Revitalisasi Balai RW 5 Bumiarjo Memasuki Tahap Pembongkaran Atap

Padatnya bangunan di sepanjang kali membuat sulitnya alat berat untuk pemasangan tanggul atau sheet pile. Saat ini, perbaikan tanggul hanya dilakukan dengan pemasangan tanggul non-permanen.

Anwar menambahkan bahwa pemasangan sheet pile yang lebih tinggi perlu dilakukan agar air tidak meluap ke jalanan dan bangunan warga. Namun, ia masih menunggu rencana normalisasi Kali Baru dari Dinas SDA terkait hal ini.

Baca juga:  Mahasiswa Kritis di HUT Ke-149 Pandeglang: Kritik Kebijakan Pemkab untuk Kebutuhan Dasar Masyarakat dan Infrastruktur Jalan

Pemprov DKI Jakarta berupaya untuk memperbaiki tanggul di daerah Kali Baru agar tidak lagi mengalami genangan air yang mengganggu. Program pembangunan tanggul ini diyakini akan membantu mencegah terjadinya genangan air pada daerah tersebut.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait