website statistics
21.4 C
Indonesia
Fri, 29 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Friday, 29 March 2024 | 7:23:43 WIB

Pemudik Motor Pilih Berkendara Malam Hari Untuk Menghindari Kemacetan Kalimalang

Bekasi | detikNews – Saat Idul Fitri, banyak orang di Indonesia yang pulang kampung untuk merayakannya bersama keluarga. Perjalanan pulang bisa menjadi perjalanan yang panjang dan melelahkan, terutama bagi mereka yang bepergian dengan kendaraan roda dua. Untuk menghindari kemacetan lalu lintas, banyak pengendara sepeda motor yang memilih melakukan perjalanan pada malam hari, dan salah satu jalur alternatif yang populer adalah melalui kawasan Kalimalang.

Pantauan detikcom di pos pemeriksaan Sumber Arta di Jalan Raya Kalimalang, pada Selasa (18 April 2023) pukul 21.23 terlihat beberapa pengendara sepeda motor dan mobil melintas di Jalan Inspeksi Kalimalang. Beberapa mobil membawa barang di rak atapnya, sementara beberapa pengendara sepeda motor membawa kotak kardus di kursinya. Mereka semua mengenakan jaket, sepatu, dan helm.

Baca juga:  Kebakaran Melanda Pademangan Jakut: 20 Unit Rumah Dilalap Si Jago Merah

Salah seorang pengendara sepeda motor, Latif (27), memilih berkendara solo dari Pasar Minggu, Jakarta Selatan menuju kampung halamannya di Purbalingga, Jawa Tengah. Dia memilih untuk bepergian pada malam hari untuk menghindari kemacetan lalu lintas. “Ya, saya solo dari Pasar Minggu ke Purbalingga. Karena kebanyakan orang sudah mulai liburan besok, kami menghindari kemacetan,” kata Latif kepada detikcom, Selasa (18 April 2023).

Latif memilih bepergian sendiri karena ingin bebas beristirahat setiap kali merasa lelah. Menurut dia, jam puncak kemacetan lalu lintas saat Lebaran tidak bisa diprediksi. Namun, dia yakin besok akan menjadi puncak kemacetan lalu lintas. “Kalau jalan-jalan sendiri, kita bisa istirahat kapan saja kita mau. Kalau badan terasa segar kita bisa melanjutkan perjalanan. Tapi kalau jam puncak kemacetan tidak bisa kita prediksi, jadi akan terjadi kemacetan dimana-mana. . Besok sepertinya akan menjadi puncak kemacetan lalu lintas,” jelasnya.

Baca juga:  Fakta Terbaru Peristiwa Penyerangan Pedagang Thrifting di Pasar Senen dengan Petasan yang Viral

Pembalap lainnya, Fahrizal (23) dan Raihan (22), memilih bersepeda bersama menuju kampung halamannya di Pemalang, Jawa Tengah. Fahrizal memutuskan untuk melakukan perjalanan pada malam hari karena liburan sudah dimulai, dan ia ingin lebih cepat sampai ke kampung halamannya dari Cengkareng. “Saya ingin kembali ke Pemalang. Karena hari ini sudah mulai libur, sayang sekali tidak pulang. Saya dan teman saya sama-sama dari Pemalang dan bekerja di Jakarta,” kata Fahrizal.

Baca juga:  BPS mencatat kenaikan signifikan pergerakan masyarakat selama arus mudik Lebaran 2023 mencapai 26,3 juta pergerakan

Fahrizal mengatakan, ia memilih untuk melakukan perjalanan bersama dengan temannya agar mereka bisa bergantian berkendara saat lelah selama perjalanan. Dia menambahkan, mereka memilih cara ini karena tiket bus mahal dan cepat habis terjual. “Kami naik secara bergiliran, jadi kalau salah satu dari kami merasa lelah, kami bisa istirahat. Tiket bus untuk satu orang mahal, dan kami tidak dapat apa-apa,” jelasnya.

Kesimpulannya, kawasan Kalimalang menjadi jalur alternatif pengendara sepeda motor saat Idul Fitri untuk menghindari kemacetan lalu lintas. Beberapa pelancong memilih untuk bepergian sendiri, sementara yang lain memilih untuk bepergian dengan teman mereka untuk berbagi tumpangan. Apa pun metodenya, penting untuk memprioritaskan keselamatan dan menghindari perilaku sembrono saat bepergian.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait