website statistics
26.8 C
Indonesia
Fri, 19 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.8 C
Indonesia
Friday, 19 April 2024 | 15:03:56 WIB

Pengendalian Inflasi: Mendagri Ingatkan Pemda untuk Rutin Cek Harga Bahan Pokok

Depok | detikNews – Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian secara virtual, di Ruang DeCor Lantai 5 Balai Kota, Senin (27/03/23).

Rakor tersebut membahas upaya pemerintah pusat dan daerah dalam mengendalikan inflasi pada tahun 2023, khususnya pada bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri 1444 Hijriyah.

Baca juga:  Maknai Hari Kesaktian Pancasila Warga Mekarjaya Depok Buat Program Pilah Sampah

Kepala Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam Sekretariat Kota Depok Adnan Mahyudin mengatakan, dalam setiap rapat koordinasi, Menteri Tito selalu mengarahkan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk rutin memantau perkembangan harga bahan pokok di pasar, salah satunya melalui inspeksi pasar.

“Agar pemerintah tidak terlambat mengetahui kenaikan harga komoditas, maka harus dipantau secara berkala,” ujarnya.

Dia mengatakan, kenaikan harga kebutuhan pokok di Depok hingga saat ini masih dalam batas wajar. Beberapa komoditas yang mengalami peningkatan antara lain cabai merah, bawang merah, daging sapi, dan telur ayam.

Baca juga:  Terapkan Strategi Pengendalian Inflasi, Walikota Depok Pastikan Pasokan Pangan Selama Ramadhan 1444H Aman

“Stoknya semoga aman selama Ramadan,” ucap Adnan.

Selain sidak pasar, lanjut Adnan, Pemkot Depok juga akan menggelar operasi pasar murah di 11 titik pada April mendatang. Kegiatan ini menyasar masyarakat yang tergabung dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk memenuhi kebutuhan pokok selama bulan puasa.

Selanjutnya, untuk mengendalikan inflasi, Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) berencana menggelar Pasar Tani dan Pameran Hasil Perikanan.

Baca juga:  Temukan Sensasi Berburu Takjil di Kota Tangerang: 5 Rekomendasi Tempat Terbaik!

“Inflasi Depok pada Maret masih terkendali, dengan month to month 0,37 persen pada Februari, sedangkan inflasi year on year 6,20 persen,” tutupnya. (RN)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait