website statistics
22.7 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.7 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 0:26:57 WIB

Pengguna Jalan Tol Bogor Ring Road Harus Siapkan Uang Lebih, Jasa Marga Terapkan Tarif Baru

Jakarta | detikNews – Dalam kabar terbaru, Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) mengumumkan kenaikan tarif pada hari ini, sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.310/KPTS/M/2023 tentang Penyesuaian Tarif Pada Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi I, II, dan III A. Jalan tol yang panjangnya sekitar 13,8 kilometer ini menghubungkan kawasan Sentul Selatan hingga ke Salabenda dan menjadi alternatif jalan yang dapat dilalui oleh pengguna jalan.

Menurut PT Marga Sarana Jabar (MSJ) selaku pengelola jalan tol BORR, penyesuaian tarif ini bertujuan untuk mencapai keseimbangan antara kemampuan membayar pengguna jalan tol, pengembalian investasi yang kondusif, pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM), serta peningkatan pelayanan dari Ruas BORR. Oleh karena itu, pemberlakuan tarif baru ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi semua pihak yang terlibat, demikian pernyataan resmi PT Jasamarga, Sabtu (11/03/2023).

Baca juga:  Stabilitas Harga di Pasar Tradisional Kota Depok saat Ramadan 1444 Hijriah: Cabai dan Komoditas Lainnya Terpantau Lebih Murah

Berdasarkan Keputusan Menteri PUPR, tarif baru pada Jalan Tol Bogor Ring Road diberlakukan mulai 12 Maret 2023 pukul 00.00 WIB. Penyesuaian tarif terjadi pada dua segmen yaitu Segmen Sentul Selatan – Simpang Semplak (Seksi 1-2.B + 3.A) dan Segmen Cibadak – Simpang Semplak (Seksi 3.A).

Adapun tarif baru yang berlaku adalah sebagai berikut:

Segmen Sentul Selatan – Simpang Semplak (Seksi 1-2.B + 3.A)

Gol I: Rp 15.000 yang semula Rp 14.000
Gol II: Rp 22.500 yang semula Rp 21.000
Gol III: Rp 22.500 yang semula Rp 21.000
Gol IV: Rp 30.000 yang semula Rp 28.000
Gol V: Rp 30.000 yang semula Rp 28.000
Segmen Cibadak – Simpang Semplak (Seksi 3.A)

Gol I : Rp 5.500 yang semula Rp 5.000
Gol II : Rp 8.000 yang semula Rp 7.500
Gol III: Rp 8.000 yang semula Rp 7.500
Gol IV: Rp 11.000 yang semula Rp 10.000
Gol V: Rp 11.000 yang semula Rp 10.000

Baca juga:  Kesenjangan Kebijakan Moneter Antara Bank Sentral Swiss Dan Jepang Mengdorong Pair CHFJPY Masih Berpotensi Menguat

PT MSJ selaku pengelola Jalan Tol BORR menyatakan bahwa telah meningkatkan layanan di seluruh bidang pelayanan jalan tol, seperti dalam bidang transaksi dengan peningkatan kapasitas transaksi melalui penambahan jumlah titik layanan bergerak berupa Mobile Reader (MR), layanan penyediaan area Top Up Center (TUC), satu Gardu Reversible (gardu layanan dua arah), serta dengan adanya pembangunan Simpang Susun Sentul integrasi Jagorawi.

Selain itu, PT MSJ telah mengambil beberapa tindakan untuk meningkatkan layanan dan keselamatan lalu lintas di jalan tol. Salah satu tindakan yang diambil adalah mengganti marka bahu dengan warna kuning untuk meningkatkan visibilitas dan membantu pengendara tetap di jalur yang benar.

Baca juga:  Kehilangan Gairah: Penyebab Pasar Kripto Lesu Dalam Sepekan Terakhir

PT MSJ juga melakukan pemeliharaan jalan tol dengan menggunakan teknik Scrapping Filling Overlay (SFO) untuk memperpanjang umur jalan dan memastikan keamanan bagi pengguna jalan. Selain itu, taman di sepanjang jalan tol juga diperindah untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan dan menenangkan.

Untuk meningkatkan keselamatan jalan tol, PT MSJ memasang guardrail di seluruh area jalan tol dan melakukan pengecatan pada seluruh parapet jalan tol. Tindakan ini dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan dan meminimalkan dampak jika terjadi kecelakaan.

Dengan semua tindakan yang telah diambil oleh PT MSJ, diharapkan pengguna jalan tol dapat merasa lebih aman dan nyaman ketika berkendara di jalan tol. Semua usaha tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengalaman berkendara dan memastikan bahwa jalan tol menjadi pilihan utama untuk transportasi yang aman dan efisien. (RD)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait